PENGARUH STRATEGI Learning Start with a Question (LSQ) DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI
KUSMINI, 4401411105 (2015) PENGARUH STRATEGI Learning Start with a Question (LSQ) DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran dengan pendekatan saintifik mengarah pada pengembangan tiga ranah (kognitif, afektif, dan psikomotor). Dasar pemikiran pelaksanaan pembelajaran adalah pengetahuan ditemukan, dibentuk, dan dikembangkan oleh siswa secara aktif. Strategi Learning Start with a Question (LSQ) menciptakan pola pembelajaran aktif, merangsang siswa aktif bertanya. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh strategi LSQ dalam pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Biologi. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Experimental Design dengan pola non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Demak, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-9 (kelas eksperimen) dan kelas X-8 (kelas kontrol). Data keterlaksanaan strategi LSQ dalam pendekatan saintifik diperoleh melalui angket tanggapan yang diisi oleh siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian tentang pengaruh strategi LSQ dalam pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa: (1) ranah afektif berbeda signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol (t hitung =8,00>t tabel =1,67); (2) ranah psikomotor berbeda signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol (t hitung =6,22>t tabel =1,67); dan (3) ranah kognitif berbeda signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol (t hitung =3,66>t tabel =1,67). Selain itu, pada kelas eksperimen ketuntasan klasikal 80% (82,05%) dan aktivitas siswa 75% kriteria baik (87,18%) dan sangat baik (2,56%). Hal ini menunjukkan bahwa strategi LSQ dalam pendekatan saintifik berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan strategi Learning Start with a Question (LSQ) dalam pendekatan saintifik berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Biologi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Start with a Question (LSQ), pendekatan saintifik, hasil belajar siswa |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | sumarsono mahasiswa unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 18:52 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 18:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22222 |
Actions (login required)
View Item |