PENERAPAN INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI EKOSISTEM


Retno Laelul Fitri, 4401411024 (2015) PENERAPAN INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI EKOSISTEM. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401411024-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan investigasi kelompok dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar materi ekosistem. Hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 2 Ungaran kelas X tahun ajaran 2013/2014 menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal pada materi ekosistem belum tercapai. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Ungaran tahun ajaran 2014/2015 dengan sampel dua kelas (kelas X.1 dan X.2) yang diambil secara convenience sampling. Pengambilan data menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi, angket, dan wawancara. Analisis ujicoba soal menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Analisis nilai pretest menggunakan uji homogenitas, sedangkan analisis nilai posttest menggunakan uji normalitas, uji t, dan uji n-gain. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji n-gain menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman siswa terhadap materi setelah pembelajaran yang dilakukan di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol, peningkatan pemahaman materi dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah berturut-turut adalah 87,5%; 12,5%; dan 0% (tidak ada siswa yang mencapai peningkatan pemahaman materi pada kategori rendah). Terhadap penerapan investigasi kelompok, secara keseluruhan siswa memberikan tanggapan dengan kategori baik dan sangat baik (tidak ada tanggapan siswa dengan kategori kurang baik maupun jelek), sedangkan guru memberikan tanggapan yang sangat positif. Berdasarkan hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa penerapan investigasi kelompok dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar materi ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Investigasi Kelompok, Lingkungan, Sumber Belajar, Ekosistem.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 18:16
Last Modified: 13 Nov 2015 18:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22211

Actions (login required)

View Item View Item