PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BERTEMA ORANG TERCINTA MENGGUNAKAN METODE PARTISIPATORI DENGAN MEDIA BURSA KATA PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 9 PURWOKERTO


Rosi Dwi Budiastuti, 2101411049 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BERTEMA ORANG TERCINTA MENGGUNAKAN METODE PARTISIPATORI DENGAN MEDIA BURSA KATA PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 9 PURWOKERTO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101411049-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Purwokerto masih rendah dan perlu ditingkatkan. Siswa mengalami kesulitan antara lain, 1) menentukan tema, 2) menuangkan ide, dan 3) menentukan pilihan kata yang tepat untuk menulis puisi. Hal ini dikarenakan kurangnya motivasi dari diri siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan baik, kurangnya motivasi dari guru dan orang tua, serta penggunaan metode dan media pembelajaran yang kurang tepat yang dipilih guru dalam pembelajaran menulis puisi. Keterampilan menulis puisi siswa perlu ditingkatkan dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat. Penggunaan metode partisipatori dengan media bursa kata dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian, antara lain (1) bagaimana proses pembelajaran menulis puisi menggunakan metode partisipatori dengan media bursa kata pada siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Purwokerto, (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan metode partisipatori dengan media bursa kata pada siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Purwokerto, dan (3) bagaimana perubahan tingkah laku siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Purwokerto setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan metode partisipatori dengan media bursa kata. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi menggunakan metode partisipatori dengan media bursa kata pada siswa VII C SMP Negeri 9 Purwokerto, (2) untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan metode partisipatori dengan media bursa kata pada siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Purwokerto, (3) untuk mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Purwokerto setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan metode partisipatori dengan media bursa kata. Subjek penelitian ini, yaitu keterampilan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Purwokerto. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu variabel keterampilan menulis puisi, dan variabel pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan metode partisipatori dengan media bursa kata. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan kriteria ketuntasan minimal 75. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data berupa pedoman iii iii observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan proses pembelajaran ini berdasarkan data nontes antara lain observasi, jurnal siswa, jurnal guru, dan dokumentasi foto yang ditunjukkan dengan peningkatan perhatian, keantusiasan, dan keaktifan siswa saat mengikuti pembelajaran. Keterampilanmenulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Purwokerto mengalami peningkatan nilai ratanilai rata-rata prasiklus ke siklus I sebesar 16,18% dengan nilai rata-rata sebesar 78,68. Peningkatan nilai rata-rata siklus I ke siklus II sebesar 6% dengan nilai rata-rata 84,68. Hasil keterampilan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Purwokerto pada penelitian ini telah mencapai KKM yang ditetapkan, yaitu 75, dan telah mencapai presentase ketuntasan yang ditetapkan sebesar 75%. Tingkah laku siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan metode partisipatori dengan media bursa kata mengalami perubahan menuju ke arah lebih baik. Melalui lembar observasi dan dokumentasi foto dapat diketahui tingkah laku siswa bersungguh-sungguh mengikuti pembelajaran, berperan aktif dalam proses pembelajaran, dan terlihat berkonsentrasi dalam menulis puisi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi menggunakan metode partisipatori dengan media bursa kata dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Dengan demikian, saran yang diberikan peneliti, yaitu (1) guru dapat menerapkan metode partisipatori atau media bursa kata dalam pembelajaran sastra yang lain, seperti menulis cerpen, novel, atau drama karena metode atau media ini dapat menstimulus siswa untuk berperan lebih aktif dalam menuangkan ide yang dimiliki dan mengubah perilaku siswa ke arah yang positif, (2) siswa hendaknya lebih aktif dan berperilaku positif dalam mengikuti pembelajaran dan berlatih untuk menulis, terutama menulis puisi, dan (3) peneliti selanjutnya, hendaknya memperkaya penelitian tentang menulis puisi dengan melakukan penelitian baru melalui metode atau media yang berbeda, dan lebih baik lagi dari penelitianpenelitian yang telah ada sebelumnya atau dapat mengembangkan inovasi baru dari media bursa kata yang digunakan dalam penelitian ini. Dengan banyaknya penelitian yang dilakukan dalam bidang menulis puisi, akan memberikan manfaat besar terhadap perkembangan pembelajaran menulis puisi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis puisi, metode partisipatori, dan media bursa kata
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 18:13
Last Modified: 13 Nov 2015 18:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22208

Actions (login required)

View Item View Item