ANALISIS SWOT PADA INDUSTRI KERAJINAN BATIK GRIYA BATIK MAS PEKALONGAN


Jaya Parlindungan Sihombing , 7101411323 (2015) ANALISIS SWOT PADA INDUSTRI KERAJINAN BATIK GRIYA BATIK MAS PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGER SEMARANG.

[thumbnail of 7101411323-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi adalah tujuan jangka panjang dari suatu perusahaan, serta pendayagunaan dan alokasi semua sumber daya yang penting untuk mencapai tujuan. Sektor industri merupakansektor paling tinggi kontribusinya terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah Pekalongan.Sektor industri yang paling banyak di Pekalongan adalah industri kerajinan batik. Toko batik yang terkenal di Pekalongan salah satunya adalah Griya Batik MAS. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk Pendidikan dan Pelatihan terhadap SDM pada industrikerajinan batik Griya Batik MAS?, bagaimana kondisi SDM, bahan baku, pemasaran, dan teknologi pada Griya Batik MAS?, bagaimana kondisi lingkungan internal dan eksternal pada industri kerajinan Batik Griya Batik MAS?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui bentuk Pendidikan dan Pelatihan terhadap SDM pada industri kerajinan batik Griya Batik MAS, mengetahuikondisi SDM, bahan baku, pemasaran, dan teknologi pada Griya Batik MAS, mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal pada industri kerajinan batik Griya Batik Mas.Subjek penelitian ini adalah Pemilik Griya Batik MAS, Karyawan Kepercayaan, Lurah Kauman, Kepala bidang pendidikan dan pelatihan, Pemilik Tobal batik. Fokus penelitian ini adalah pendidikan dan pelatihan, SDM,bahan baku, teknologi dan pemasaran. Metode pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT.Berdasarkan hasil penelitian bahwa bentuk pendidikan dan pelatihan terhadap SDM Griya Batik MAS di kampung batik Kauman Pekalongan cukup baik. Kondisi SDM pada industri kerajinan batik Griya Batik MAS dalam kondisi kurang baik. Kondisi jumlah bahan baku pada industri kerajinan batik Griya Batik MAS dalam kondisi terbatas.Kondisi teknologi dalam kondisi kurang baik. Kondisi Pemasaran dalam kondisi kurang baik.Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan analisis matrik SWOT, strategi yang dapat diterapkan Griya Batik MAS dalam menghadapi persaingan yaitu dengan strategi konsentrasi melalui integrasi horizontal. Artinya strategi yang diterapkan lebih defensif, yaitu yaitu menghindari kehilangan penjualan dan kehilangan profit yang di sebabkan oleh berbagai ancaman.Saran yang diberikan adalah memperkuat karakter produk serta memperbaiki kualitas untuk mengatasi para pesaing lainnya dengan cara inovasi pemasaran dan penambahan jenis produk yang dipasarkan agar memiliki daya tarik yang tinggidan mampu bersaing dengan unit usah lain

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Kerajinan Batik, SDM, Bahan baku, Teknologi, Pemasaran.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 18:14
Last Modified: 13 Nov 2015 18:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22200

Actions (login required)

View Item View Item