IMPLIKASI PEMAHAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI KEAGAMAAN TERHADAP PERILAKU SISWA DI SMP PIUS PEMALANG TAHUN AJARAN 2015


Gyrda Ratnasary, 3301411008 (2015) IMPLIKASI PEMAHAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI KEAGAMAAN TERHADAP PERILAKU SISWA DI SMP PIUS PEMALANG TAHUN AJARAN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3301411008-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap Agama hakikatnya mengajarkan nilai-nilai yang melahirkan norma aturan tingkah laku dan menjadi panduan moralitas manusia para pemeluknya. Dalam kenyataannya perlu adanya pemahaman akan nilai-nilai toleransi terhadap keberagamaan agama, maka dari itu perlu adanya peran sekolah dalam upaya pendidikan terhadap sikap dan perilaku. SMP PIUS Pemalang merupakan sekolah Yayasan Kristen, seluruh siswa yang bersekolah mempunyai latar belakang kepercyaan agama yang berbeda, dengan pemahaman nilai-nilai toleransi dengan perilaku yang mereka tunjukkan. Berdasarkan latar belakang diatas, permasalahan yang diambil adalah 1) Bagaimana nilai-nilai (toleransi) yang ditanamkan oleh siswa di SMP Pius Pemalang, 2) Bagaimana perilaku toleransi keagamaan pada siswa di SMP Pius Pemalang, dan 3) Adakah implikasi pemahaman nilai-nilai toleransi keagamaan terhadap perilaku siswa di SMP Pius Pemalang. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Bagaimana nilai nilai (toleransi) yang ditanamkan oleh siswa di SMP Pius Pemalang, 2) Untuk mengetahui Bagaimana perilaku toleransi keagamaan pada siswa di SMP Pius Pemalang dan 3) Untuk mengetahui adakah Implikasi pemahaman nilai-nilai toleransi keagamaan terhadap perilaku siswa di SMP Pius Pemalang. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan Lokasi Penelitian di SMP PIUS Pemalang.Fokus penelitiannya adalah Implikasi Pemahaman Nilai-Nilai Toleransi Keagamaan Terhadap Perilaku Siswa di SMP PIUS Pemalang.Indikatornya pemahaman dan perilaku nilai-nilai toleransi keagamaan dengan perilaku siswa meliputi nilai-nilai yang terkait terhadap perilaku siswa yang dapat diamati, yaitu perilaku toleransi, perilaku spiritual keagamaan, dan cinta damai.Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian : Pemahaman Nilai-Nilai Toleransi Keagamaan Terhadap Perilaku Siswa di SMP PIUS Pemalang melalui pendidikan agama yang diselenggarakan bina iman upaya pendidikan kerohanian, melalui pendidikan karakter, materi khusus untuk memahami nilai-nilai toleransi dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang berperan aktif dalam upaya mengembangkan nilai-nilai toleransi terhadap keberagaman kehidupan berbangsa. Simpulan dalam penelitian ini adalah Implikasi Pemahaman Nilai-Nilai Toleransi Keagamaan Terhadap Perilaku Siswa, secara umum telah diterapkan dalam perilaku dari nilai-nilai mengahargai agama, nilai menghormati perbedaan, nilai keimanan dan ketaqwaan ajaran agama, serta nilai lainnya tidak ada paksaan keyakinan terhadap agama, keyakinan dan kepercayaannya dengan saling menghargai dan menghormati antar pemeluk agama. Saran dalam penelitian ini adalah diupayakan kegiatan dalam pendidikan kognitif, afektif dan psikomotorik terkait dengan mengembangkan nilai-nilai toleransi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implikasi, Nilai-Nilai Toleransi, Perilaku Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 17:18
Last Modified: 13 Nov 2015 17:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22175

Actions (login required)

View Item View Item