APLIKASI PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN CHART CONTROL PROPORSI PADA INDUSTRI FISH FILLET DI KOTA TEGAL


Melati Tanda Herjati , 4112312022 (2015) APLIKASI PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN CHART CONTROL PROPORSI PADA INDUSTRI FISH FILLET DI KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4112312022-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada industri fish fillet di Kota Tegalpengawasan kualitas yang dilakukan masih menggunakan cara manual atau yang disebut hitungan mandor. Hal tersebut disebabkan oleh keterbatasan ilmu pengawasan kualitas industri. Ada beberapa faktor yang berpengaruh dalam pengawasan kualitas, yaitu faktor internal berasal dari cara pengolahan ikan itu sendiri. Faktor eksternalyang berasal dari hal-hal yang menunjang produksi. Tugas Akhir ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi terhadap kualitas kontrol yang telah ada di perusahaan tersebut.Penerapan sistem pengendalian kualitas control chartdilakukan untuk meminimalkan kerusakan produksi, menentukan jumlah kerusakan produksi yang terjadi masih dalam toleransi standar atau tidak, dan menentukan jumlah kesalahan produk yang dapat ditoleransi. Metode pengambilan data yang dipakai (1) metode observasi (2) metode literatur (3) metode wawancara (4) metode statistic plan (5) metode statistic Do.Setelah data yang dibutuhkan terkumpul selanjutnya perhitungan kualitas kontrol mulai dilakukan, kualitas kontrol dihitung menggunakan aplikasi yang dirancang untuk mempersingkat waktu perhitungan kualitas kontrol. Secara teori, kualitas kontrol dapat dilihat dari grafik yang diperoleh dari perhitungan limit kontrol atas, dan limit kontrol bawah. Sedangkan untuk mengetahui produk cacat yang dapat dihitung dari jumlah kecacatan maksimal. Perhitungan kualitas kontrol menggunakan aplikasi chart control mempermudah perhitungan, juga dapat meringkas waktu sehingga dapat dilakukan dengan cepat dan efisien dan hasilnya tetap akurat (sama dengan perhitungan manual). Dari grafik hasil perhitungan dapat ditarik kesimpulan bahwa produksi yang dilakukan berada di dalam kendali kontrol. Sedangkan produk cacat yang dapat menanggung biaya kualitas terendah sebanyak 5.275,1 Kg. Ini berarti intensitas pengawasan kualitas sudah dilaksanakan dengan baik karena jumlah produk cacat yang benar-benar terjadi lebih kecil dari produk cacat yang dikehendaki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Chart control proporsi, limit kontrol atas, limit kontrol bawah, intensitas pengawasan kualitas.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 13:05
Last Modified: 13 Nov 2015 13:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22128

Actions (login required)

View Item View Item