PEMBELAJARAN EKSRAKURIKULER KARAWITAN JAWA DI SMP NEGERI 2 REMBANG KABUPATEN REMBANG


Purnomo, 2501914019 (2015) PEMBELAJARAN EKSRAKURIKULER KARAWITAN JAWA DI SMP NEGERI 2 REMBANG KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501914019-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh guru dan siswa di luar jam sekolah. SMP Negeri 2 Rembang ada salah satu kegiatan ekstrakurikuler bagi peneliti yang menarik yaitu pembelajaran ekstrakurikuler karawitan Jawa. Kegiatan ini ternyata sangat disenangi oleh siswa terbukti banyaknya siswa yang mengikuti. Kegiatan Pembelajaran ekstrakurikuler karawitan Jawa merupakan kegiatan unggulan dan menjadi icon SMP Negeri 2 Rembang. Prestasi puncaknya pada tahun 2010 tim seni tradisional karawitan SMP Negeri 2 Rembang masuk 5 besar terbaik tingkat nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana Pelaksanaan kegiatan Pembelajaran ekstrakurikuler Karawitan Jawa di SMP Negeri 2 Rembang. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian diskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Rembang. Sasaran penelitian bagaimana proses pembelajaran karawitan Jawa di SMP Negeri 2 Rembang kabupaten Rembang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, triangulasi teori. Teknik analisa data menggunakan analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Karawitan Jawa di SMP Negeri 2 Rembang dilaksanakan secara terprogram dan sistematis. Guru pembina dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan metode ceramah, dilanjutkan dengan demontrasi dalam hal ini guru pembina memperagakan bagaimana tehnik memukul atau memainkan gamelan, kemudian siswa melakukan praktik atau dril secara bergantian dengan harapan bisa memainkan dan memahami gamelan sesuai dengan fungsinya, dan yang terakhir dilakukan evaluasi, Pelaksanaannya menggunakan langkah- langkah yang telah di programkan, mulai dari tahap persiapan, awal perencanaan, kegiatan inti pembelajaran, dan tahap akhir pelaksanaan, serta tindak lanjut. Hasil pembelajaran ekstrakurikuler Karawitan Jawa ini dapat menghasilkan siswa yang mampu berkompetisi dan bersaing dalam kegiatan lomba karawitan Jawa, dan berani tampil didepan umum. Simpulan hasil penelitian sekolah mendukung kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler karawitan Jawa. Guru pembina dalam menyampaikan materi terprogram dan sistematis dengan metode ceramah, demontrasi, dan praktik dengan cara dril. Siswa senang mengikuti kegiatan ini karena ingin melestarikan seni tradisi (karawitan Jawa) dan ingn memberikan yang terbaik untuk sokolah berupa prestasi melalui kegiatan ekstrakurikuler Karawitan Jawa. saran yang disampaikan setting tempat pembelajaran perlu di tata kembali. Melengkapi perangkat gamelan yang belum ada. Penataan gong dan kempul dikondisikan supaya penabuh dapat duduk. Jadwal kegiatan dimajukan supaya siswa saat pulang lebih tenang, karerna ada sebagian siswa yang jarak antara rumah dengan sekolah cukup jauh, sehingga sampai di rumah menjelang malam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Karawitan Jawa.
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 08:14
Last Modified: 13 Nov 2015 08:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22036

Actions (login required)

View Item View Item