PENGARUH PENGGUNAAN BIODIARY YANG DIPADUKAN DENGAN MODEL TUTOR SEBAYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERTAHANAN TUBUH


Witri Anah Sari, 4401411128 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN BIODIARY YANG DIPADUKAN DENGAN MODEL TUTOR SEBAYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERTAHANAN TUBUH. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401411128-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penerapan metode diskusi yang kurang terarah dan tidak didukung dengan LDS dapat berdampak pada pemahaman konsep siswa yang rendah. Sehingga perlu adanya pembimbing jalannya diskusi dalam setiap kelompok dan media pendukung yang dapat mengarahkan pemahaman konsep siswa pada materi yang dibahas. Solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model Tutor Sebaya didukung penggunaan Biodiary. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah penggunaan Biodiary dipadukan model Tutor Sebaya dapat berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Experimental Design, dengan menggunakan pola non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MS SMA Negeri 3 Slawi sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MS 2 (kelas eksperimen) dan kelas XI MS 4 (kelas kontrol). Data keterlaksanaan model Tutor Sebaya disertai penggunaan Biodiary diperoleh melalui angket keterlaksanaan yang diisi oleh siswa. Data pemahaman konsep dalam ranah kognitif siswa dikumpulkan dari Pretest-Posttest materi sistem pertahanan tubuh. Teknik analisis data dengan menggunakan uji regresi liner untuk menguji hipotesis. Hasil uji hipotesis pengaruh penggunaan Biodiary dipadukan Model Tutor Sebaya terhadap pemahaman konsep siswa diperoleh nilai R2= 0.281 dengan sig < 0,05 (0,002). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Biodiary dipadukan model Tutor Sebaya berpengaruh terhadap pemahaman konsep materi sistem pertahanan tubuh. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: ada pengaruh penggunaan Biodiary dipadukan model Tutor Sebaya terhadap pemahaman konsep siswa pada materi sistem pertahanan tubuh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Biodiary, Tutor Sebaya, Pemahaman Konsep, Sistem Pertahanan Tubuh.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 07:59
Last Modified: 13 Nov 2015 07:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22027

Actions (login required)

View Item View Item