PENGEMBANGAN MODUL BERBENTUK POP-UP DAN SMASH BOOK MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG


Wulandari, 4401411127 (2015) PENGEMBANGAN MODUL BERBENTUK POP-UP DAN SMASH BOOK MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401411127-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Biologi merupakan mata pelajaran yang mudah jika dibandingkan dengan matematika, kimia dan juga fisika. Salah satu materi dalam mata pelajaran biologi yang menarik bagi siswa adalah sistem reproduksi manusia. Namun berdasarkan daftar nilai yang diperoleh dari guru, nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem reproduksi hanya mencapai 44,8. Selain itu, persentase siswa yang mendapatkan nilai ≥75 hanya sebesar 3,33%. Menurut sebagian besar siswa kelas XI MIA 3 dan XII IPA 4 SMA Kesatrian 1 Semarang, modul yang selama ini digunakan dalam pembelajaran membuat siswa bosan karena terlalu banyak tulisan. Hal tersebut mengakibatkan siswa enggan untuk membaca materi yang ada di dalam modul. Oleh karena itu, perlu disusun modul pembelajaran yang layak, praktis, dan efektif digunakan oleh siswa dalam pembelajaran materi sistem reproduksi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan modul yang dilakukan menghasilkan produk berupa modul berbentuk pop-up dan smash book. Modul hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi untuk mengetahui kelayakan modul sebagai media pembelajaran. Ujicoba modul dilakukan di SMA Kesatrian 1 Semarang. Untuk menguji efektivitas penggunaan modul berbentuk pop-up dan smash book digunakan desain pre-eksperimental dengan pola one group pretestposttest yang diterapkan di kelas XI MIA 3. Ujicoba skala kecil dilakukan di kelas XI MIA 1 dengan melibatkan sepuluh siswa. Penilaian kepraktisan modul yang digunakan dalam pembelajaran berasal dari penilaian guru mata pelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul berbentuk pop-up dan smash book mendapatkan persentase kelayakan media sebesar 95,94%, kelayakan materi sebesar 97,50%, dan kepraktisan sebesar 98,82%. Kriteria N-Gain yang diperoleh 94,10% siswa berada dalam rentang sedang hingga sangat tinggi, persentase siswa dengan nilai posttest ≥75 sebesar 85,19% dan persentase tanggapan siswa terhadap penggunaan modul sebesar 87,80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul berbentuk pop-up dan smash book layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran materi sistem reproduksi manusia

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: engembangan modul, modul berbentuk pop-up dan smash book, sistem reproduksi manusia, R&D
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 07:55
Last Modified: 13 Nov 2015 07:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22023

Actions (login required)

View Item View Item