PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA
Susanti Dwi Wardani, 4401411104 (2015) PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sumber belajar selain guru yang memegang peranan penting dalam membantu proses pembelajaran untuk mencapai Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) adalah bahan ajar. Pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis PBL (Problem Based Learning) mendorong siswa berpikir untuk memecahan masalah yang disuguhkan. Hal ini memungkinkan siswa berpikir kritis dengan mencermati permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan bahan ajar berbasis PBL pada pembelajaran sistem reproduksi manusia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA yang terdiri dari empat kelas (XI IPA1–XI IPA 4). Sampel diambil menggunakan cluster random sampling, kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen, sedangkan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan bahan ajar berbasis PBL materi sistem reproduksi manusia, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Data diambil menggunakan soal tes uraian kemampuan berpikir kritis, lembar keterlaksanaan penerapan bahan ajar berbasis PBL, lembar angket tanggapan siswa, wawancara tanggapan guru, dan kinerja guru dalam pembelajaran, Berdasarkan hasil analisis data posttest dan N-gain kelas eksperimen dan kontrol menggunakan uji independent sample t test dengan kriteria pengujian adalah H1 diterima, jika t hitung > t tabel, t hitung (posttest)= 2,034 > ttabel = 1,67 dan t hitung (N-gain )= 2,976> ttabel = 1,66, jadi Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan nilai kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol sehingga dinyatakan bahan ajar PBL dapat berpengaruh. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan penerapan bahan ajar berbasis PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Bahan ajar berbasis PBL dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi oleh guru agar semakin baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar, berpikir kritis, problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | muhamad slamet unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 07:51 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 07:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22021 |
Actions (login required)
View Item |