EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDISPRO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM REPRODUKSI MANUSIA


Leny Anggraeni, 4401411037 (2015) EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDISPRO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401411037-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Suatu proses pembelajaran yang pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar, aktivitas belajar, serta hasil belajar siswa sehingga perlu digunakan suatu metode dan media pembelajaran. Salah satunya adalah metode role playing berbantuan medispro. Metode role playing dapat memberikan suasana belajar yang lebih menyenangkan karena dengan adanya pemeranan memberikan kesempatan siswa untuk memperoleh pengalaman belajar serta lebih berperan aktif, sehinga siswa menjadi lebih paham materi yang diperankan. Materi sistem reproduksi manusia merupakan materi yang mempelajari tentang mekanisme yang terjadi dalam sistem reproduksi manusia yang tidak dapat teramati secara langsung oleh siswa sehingga siswa membutuhkan media pembelajaran yang mampu memvisualisasikan mekanisme tersebut. Media pembelajaran yang tepat dan inovatif untuk membantu siswa dalam memahami materi tersebut adalah media pembelajaran berbasis flash yaitu Medispro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode role playing berbantuan medispro dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Batang pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 160 siswa dan terbagi dalam 5 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 5 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini terdapat beberapa metode analisis data yang digunakan, yaitu analisis homogenitas, normalitas, N-gain, uji t, serta uji korelasi Product moment. Analisis data hasil belajar diketahui bahwa 88% siswa kelas eksperimen mencapai nilai ≥78 dan 100% mencapai gain ≥ 0,3 dengan rata-rata sebesar 0,65. Sedangkan pada kelas kontrol hanya 69% yang mencapai nilai ≥78 dan 94% siswa mencapai gain ≥ 0,3 dengan rata-rata sebesar 0,52. Hasil uji t menunjukkan thitung 3,212 > ttabel 1,998, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa metode role playing berbantuan medispro efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Role Playing, medispro, Sistem Reproduksi Manusia, Hasil Belajar.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 07:36
Last Modified: 13 Nov 2015 07:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22014

Actions (login required)

View Item View Item