PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS IVA SDN TAMBAKAJI 01 KOTA SEMARANG


KARTIKA CANDRA DEWI , 1401411133 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS IVA SDN TAMBAKAJI 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411133-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan memfokuskan pada pembentukan warga negara yang cerdas, terampil, berkarakter sesuai UUD 1945 dan Pancasila. Berdasarkan data awal diperoleh selama PPL di kelas IVA SDN Tambakaji 01 Kota Semarang ditemukan permasalahan yaitu pembelajaran PKn yang kurang optimal, model pembelajaran dan media pembelajaran kurang inovatif, siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan rendahnya hasil belajar PKn dengan ketuntasan klasikal sebanyak 37,50%. Solusi permasalahan untuk memperbaiki proses pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Makea Match dengan media audio-visual.Rumusan masalah umum dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran Make a Match dengan media audio-visual pada siswa kelas IVA SDN Tambakaji 01 Kota Semarang. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Make a Match dengan media audio-visual pada siswa kelas IVA SDN Tambakaji 01 Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDN Tambakaji 01 Kota Semarang yang berjumlah 32 siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran PKn mengalami peningkatan. Keterampilan guru meningkat pada setiap siklus, yaitu pada siklus I memperoleh skor 19 (baik), siklus II memperoleh skor 23 (baik), dan siklus III memperoleh skor 28 (sangat baik). Aktivitas siswa meningkat pada setiap siklus, yaitu siklus I memperoleh rata-rata skor 20,16 (baik), siklus II memperoleh rata-rata skor 22,88 (baik), dan siklus III memperoleh rata-rata skor 25,56 (sangat baik). Hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklus yaitu pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 75,63 (baik) dengan ketuntasan klasikal 68,75% (tinggi), siklus II 78,75 (baik) ketuntasan klasikal 71,87% (tinggi), dan siklus III 80,47 (baik) ketuntasan klasikal 84,37% (sangat tinggi). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui model pembelajaran Make a Match dengan media Audio-Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IVA SDN Tambakaji 01 Kota Semarang. Saran yang dapat diberikan, hendaknya diterapkan model Make a Match dengan media Audio-Visual karena dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audio-Visual; Kualitas; Make a Match; Pembelajaran; PKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 07:39
Last Modified: 13 Nov 2015 07:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22012

Actions (login required)

View Item View Item