LKS BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING MATERI ALAT-ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Zuni Suryanti , 4201411119 (2015) LKS BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING MATERI ALAT-ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran fisika menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung. Namun pada kenyataannya, pembelajaran fisika di sekolah masih didominasi oleh guru sebagai pusat pengetahuan. Untuk meminimalkan peran guru serta mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran dibutuhkan alat bantu, yaitu LKS. Penggunaan LKS dapat pula didukung oleh penerapan model pembelajaran yang menuntun siswa mendapatkan pengetahuannya secara mandiri. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah Discovery Learning. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan produk LKS berbasis Guided Discovery Learning, mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif dan perkembangan berpikir kreatif siswa setelah menggunakan LKS berbasis Guided Discovery Learning. Kemampuan berpikir kreatif yang dikembangkan adalah berpikir lancar, luwes, orisinil, terperinci, dan kemampuan menilai. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 5 SMA N 2 Magelang. Prosedur penelitian meliputi: (1) pendahuluan, (2) perancangan, dan (3) pengembangan produk. LKS diuji kelayakan dan keterbacaan dengan menggunakan angket kelayakan serta tes rumpang dan dianalisis menggunakan uji deskriptif persentase. Data pemahaman konsep fisika dan kemampuan berpikir kreatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest kemudian dianalisis menggunakan uji gain. Hasil uji kelayakan LKS sangat layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa LKS mudah dipahami. LKS dapat meningkatkan hasil belajar kognitif yang berada pada kriteria sedang. Kemampuan berpikir kreatif juga mengalami peningkatan pada setiap indikator. Peningkatan kemampuan menilai, berpikir oriinil, berpikir lancar, dan berpikir luwes termasuk kriteria sedang. Sedangkan peningkatan berpikir terperinci termasuk kriteria tinggi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS, alat-alat optik, Guided Discovery Learning, berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | suprianto mahasiswa unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 07:24 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 07:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22007 |
Actions (login required)
View Item |