HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN KOGNITIF KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK KESELAMATAN PADA PRATIKUM BATU DI SMK NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2013/2014


Nur Ahsan Dachfid, 5101410005 (2015) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN KOGNITIF KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK KESELAMATAN PADA PRATIKUM BATU DI SMK NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5101410005-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

v Di dalam pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja pada saat siswa melaksanaan kegiatan praktik batu di SMK Negeri 2 Salatiga ini, masih perlu ditingkatkan karena pernah terjadi kecelakaan kerja yang disebabkan oleh perilaku kerja siswa itu sendiri. Kecelakaan kerja yang terjadi tanpa diduga dan dalam sekejap mata karena siswa kurang pemahaman konsep dasar keselamatan dan kesehatan kerja. Jadi jelas betapa pentingnya penggunaan keselamatan dan kesehatan kerja ini agar bisa memproteksi diri siswa dalam pelaksanaan pekerjaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pemahaman kognitif siswa Program Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 2 Salatiga tentang keselamatan dan kesehatan kerja dan kemampuan psikomotorik terhadap keselamatan dan kesehatan kerja pada pelaksanaan kegiatan praktik batu. Penelitian ini termasuk penelitian hubungan kolerasional yang berarti menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan, studi pustaka, studi dokumentasi, lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan dari hasil belajar siswa, studi pustaka digunakan untuk mempelajari data yang berhubungan dengan objek penelitian, studi dokumentasi digunakan untuk kegiatan pengumpulan dan pencatatan data yang diteliti, lembar observasi digunakan untuk mengamati dan melihat langsung kemudian memberikan skor kepada setiap siswa ke dalam lembar pengamatan yang telah dibuat. Dari analisis hasil penelitian terdapat hubungan positif antara pemahaman kognitif K3 dengan kemampuan psikomotorik keselamatan dan kesehatan kerja siswa signifikan. Tingkat pemahaman keselamatan dan kesehatan kerja secara klasikal persentase jumlah siswa yang lolos tes pemahaman kognitif sebesar 86,5% dan termasuk dalam kriteria baik, dan kemampuan psikomotorik keselamatan kerja secara klasikal persentase jumlah siswa yang lolos penilaian sebesar 97,3% dan termasuk dalam kriteria baik. Hubungan variabel pemahaman kognitif K3 siswa terhadap kemampuan kognitif siswa didalam melaksanakan kegiatan praktek batu sebesar (r = 0,502) atau berpengaruh sebesar 24 %. Jadi dengan hal ini terbukti masih ada variabel yang lain yang belum diungkap dan diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kognitif; Psikomotorik; Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 07:17
Last Modified: 13 Nov 2015 07:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22006

Actions (login required)

View Item View Item