PENGEMBANGAN MEDIA FILM PENDEK BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK KOMPETENSI MENULIS NASKAH DRAMA BAGI SISWA KELAS XI SMA


Fajar Arifiyanto, 2101409076 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA FILM PENDEK BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK KOMPETENSI MENULIS NASKAH DRAMA BAGI SISWA KELAS XI SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101409076-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan teknologi dapat diaplikasikan pada pengembangan media pembelajaran. Di dalam kelas, belum banyak media pembelajaran penunjang, khususnya untuk kompetensi menulis naskah drama. Hal tersebut dinilai sebagai salah satu penyebab sulitnya pembelajaran menulis naskah drama. Pengembangan media film pendek berbasis kontekstual merupakan salah satu upaya pengembangan media untuk mengatasi masalah tersebut. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian pengembangan media ini, antara lain (1) kebutuhan pengembangan media film pendek berbasis kontekstual menurut guru dan siswa , (2) prinsip-prinsip pengembangan media film pendek berbasis kontekstual, (3) desain media film pendek berbasis kontekstual, dan (4) perbaikan desain media film pendek berbasis kontekstual sesuai dengan penilaian ahli dan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development), dengan penyesuaian, sebagai berikut (1) potensi masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kebutuhan pengembangan media dan data validasi desain media. Teknik yang digunakan dalam menganalisis peta kebutuhan prototipe film pendek berbasis kontekstual untuk kompetensi menulis naskah drama dilakukan dengan mengarah pada proses menyeleksi, memfokuskan, menyederhanakan, mentranformasikan data, dan merespon data mentah yang ada di lapangan. Setelah penelitian dilaksanakan, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) bentuk fisik media film pendek dan isi media yang sesuai dengan kondisi psikologis siswa ; (2) prinsip-prinsip pengembangan media film pendek yaitu visible, interesting, teknis, visual, audio, relevansi, konsistensi, kecukupan, keefektifan, efisiensi, fleksibel, dan kontekstual; (3) desain media yang berisi cerita tentang sekelompok anak sekolah yang mendapat tugas menulis naskah drama dengan genre drama dan alur campuran, visualisasi film standar komposisi film, durasi 17:37 menit, suara pokok adalah dialog tokoh dan diberi musik secukupnya, berpadu dengan pendekatan saintifik dan tujuh komponen kontekstual, seluruh ix materi tersebut diintegrasikan ke dalam film pendek lewat dialog dan tindakan tokoh yang berperan dalam film pendek berbasis kontekstual, (4) berbekal penilaian ahli, perbaikan desain media antara lain: wadah media film pendek meliputi, judul diganti “Ayo, Buat Naskah Drama!”; perbaikan teknis film pendek meliputi, penambahan durasi beberapa tulisan di awal, pemberian efek crossfade pada transisi gambar gerak ke diam atau sebaliknya; pengurangan beberapa gambar pendukung suasana; penggantian scene 14 karena kurang sesuai dengan kondisi pembelajaran; pengurangan durasi menjadi 15,00 menit; dan penambahan buku petunjuk pemanfaatan media film pendek. Saran yang dapat diberikan antara lain sebagai berikut. (1) Bagi guru, sebaiknya menggunakan media film pendek berbasis kontekstual sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran menulis naskah drama. (2) Sebaiknya siswa mempelajari berbagai pengetahuan mengenai naskah drama sebelum melakukan kegiatn menulis naskah drama. (3) Bagi peneliti-peneliti lain, penelitian pengembangan ini dapat menjadi salah satu acuan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai media pembelajaran untuk kompetensi menulis naskah drama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: film pendek, kontekstual, menulis naskah drama
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 06:42
Last Modified: 13 Nov 2015 06:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21991

Actions (login required)

View Item View Item