PERILAKU PENDIDIKAN ANAK REMAJA DALAM KELUARGA DI KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNG PATI KOTA SEMARANG


Ronggo Tunjung Anggoro , 1201404043 (2009) PERILAKU PENDIDIKAN ANAK REMAJA DALAM KELUARGA DI KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNG PATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERILAKU PENDIDIKAN ANAK REMAJA DALAM KELUARGA DI KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNG PATI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PERILAKU PENDIDIKAN ANAK REMAJA DALAM KELUARGA DI KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNG PATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (475kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses perilaku interaksi pendidikan informal yang terjadi dalam keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang obyektif tentang proses interaksi pendidikan anak remaja dalam keluarga dikelurahan Sekaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah keluarga asli kelurahan Sekaran yang dalam keluarga tersebut mempunyai anak remaja, yang berjumlah enam kepala keluarga. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk membuktikan keabsahan data digunakan teknik ketekunan di lapangan dan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan cara menelaah seluruh data yang telah terkumpul. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) perilaku para orang tua dalam memenuhi kebutuhan fisik anaknya (2) perilaku orang tua dalam memenuhi kebutuan non fisik anak remajanya (3) proses interaksi yang terjadi dalam keluarga antara angota keluarga(4) batasan atau larangan yang berikan orang tua kepada anak remajanya(5) cara orang tua menasihati anak serta bentuk hukuman jika anak remajanya melakukan kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian, saran diberikan sebagal berikut: (1). Diharapkan setiap keluarga mempunyai waktu luang khusus untuk berkumpul dengan semua anggota keluarga dan dapat saling membicarakan masalah yang ada dalam keluarga (2).Sebagai orang tua hendaknya memberikan motivasi dan dorongan kepada anaknya . (3). Dalam keluarga agar selalu terjadi komunikasi dua arah antara anak dan orang tua terjadi secara seimbang dan terjalin dengan baik, sehinga akan membentuk pribadi anak remaja yang mempunyai kepribadian yang baik dan stabil, setidaknya orang tua yang memberikan nasihat kepada anakanya. (4). Sebagai orang tua hendaknya memperhatikan pergaulan anak remajanya karena di masa remaja mempunyai emosi yang labil mudah terpengaruh orang lain, apa lagi di wilayah sekaran banyak berdatangan para mahasiswa yang datang dari berbagai daerah dan berumah kos di wilayah sekaran sehingga sangat mungkin mempengaruhi perkembangan sikologis si anak, disini peran orang tua sangat diperlukan (5). Menganggap anak remaja sebagai teman dan mengakui ia sebagai orang yang akan berangkat dewasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perilaku pendidikan, pendidikan remaja, interaksi pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 May 2011 06:45
Last Modified: 25 Apr 2015 04:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2197

Actions (login required)

View Item View Item