PROSES PEMBELAJARAN TATA RIAS FANTASI DALAM EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SMA NEGERI 12 SEMARANG
Eva Suci Handayani, 2501411135 (2015) PROSES PEMBELAJARAN TATA RIAS FANTASI DALAM EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SMA NEGERI 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler seni tari merupakan wadah untuk menyalurkan bakat dan potensi siswa. Pembelajaran ekstrakurikuler seni tari bukan hanya pembelajaran tari saja, tetapi juga pembelajaran tata rias fantasi yang merupakan satu-kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam seni tari. SMA Negeri 12 Semarang merupakan Sekolah Menengah Atas yang mempelajari tata rias fantasi dalam ekstrakurikuler seni tari. Berdasarkan paparan tersebut, rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran Tata Rias Fantasi Dalam Ekstrakurikuler Seni Tari Di SMA Negeri 12 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran Tata Rias Fantasi dalam Ekstrakurikuler Seni Tari di SMA Negeri 12 Semarang. Manfaat penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis. Manfaat Teoritis yaitu memberikan pengetahuan mengenai proses pembelajaran tata rias fantasi Manfaat Praktis yaitu bagi peneliti dapat menambah pengetahuan tata rias fantasi dalam ekstrakurikuler seni tari di SMA Negeri 12 Semarang bagi siswa dapat mengetahui bagaimana proses pembelajarantata rias fantasi dalam ekstrakurikuler seni tari di SMA Negeri 12 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Sumber data yang digunakan adalah berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian proses pembelajaran tata rias fantasi dalam ekstrakurikuler seni tari di dalamnya terdapat kegiatan pembelajaran yang terbagi menjadi tiga yaitu (1) pendahuluan pembelajaran tata rias fantasi, (2) penyajian pembelajaran tata rias fantasi, dan (3) penutup pembelajaran tata rias fantasi. Faktor pendukung dalam proses pembelajaran tata rias fantasi terdiri dari faktor intern yang meliputi: guru, siswa, dan sekolah, dan faktor ekstern yang meliputi keluarga. Saran dari hasil penelitian ini adalah bagi SMA Negeri 12 Semarang lebih meningkatkan kualitas sarana prasarana pembelajaran tata rias fantasi dalam ekstrakurikuler seni tari dan bagi guru ekstrakurikuler seni tari lebih kreatif lagi dalam pembelajaran ekstrakurikuler seni tari.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses Pembelajaran, Tata Rias Fantasi, Ekstrakurikuler Seni Tari, SMA Negeri 12 Semarang. |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari) |
Depositing User: | sumarsono mahasiswa unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 04:08 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 04:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21966 |
Actions (login required)
View Item |