HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DAN SELF-REGULATION DENGAN PERENCANAAN KARIR PADA MAHASISWA SEMESTER 8 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Khairul Amry Wicaksono, 1511411012 (2015) HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DAN SELF-REGULATION DENGAN PERENCANAAN KARIR PADA MAHASISWA SEMESTER 8 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Semakin beratnya persaingan di dunia kerja yang akan dihadapi oleh mahasiswa setelah lulus nanti menjadikan tidak ada alasan untuk tidak merencanakan karir dengan baik. Perencanaan karir diduga erat kaitannya dengan self-efficacy. Self-efficacy akan membuat mahasiswa memiliki keyakinan terhadap kemampuannya dalam menghadapi dunia kerja. Selain itu, perencanaan karir yang baik juga diduga ada kaitannya dengan kemampuan self-regulation. Dengan memiliki kemampuan self-regulation, mahasiswa tidak hanya fokus pada tugas tertentu saja, namun juga dapat melaksanakan tugas – tugas lainya seperti mempersiapkan masa depannya dengan merencanakan karir ke depan dengan baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dan self-regulation dengan perencanaan karir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional dengan teknik analisis regresi dua prediktor. Subjek penelitian ini mahasiswa semester 8 Universitas Negeri Semarang, berjumlah 179 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan karir dan self-efficacy mahasiswa semester 8 Universitas Negeri Semarang pada kategori baik dengan mean empiris 162,4022 dan 77,9777. Sedangkan, self-regulation pada kategori cukup baik dengan mean empiris 95,3966. Hasil analisis pertama diperoleh t hitung 11,319 dengan signifikansi 0,000<0,01. Artinya, Self-efficacy memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan perencanaan karir pada mahasiswa semester 8 Universitas Negeri Semarang. Besarnya sumbangan self-efficacy terhadap perencanaan karir sebesar 41,7% dengan Adjusted R 2 0,417. Analisis kedua diperoleh t hitung 9,235 dengan signifikansi 0,000<0,01. Artinya, selfregulation memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan perencanaan karir. Besarnya sumbangan self-regulaton terhadap perencanaan karir sebesar 32,1% dengan Adjusted R 2 0,321. Analisis ketiga diperoleh R 0,678 dengan signifikansi 0,000<0,01. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Selfefficacy dan self-regulation dengan perencanaan karir. . Artinya, semakin baik self-eficacy dan self-regulation maka semakin baik pula kemampuan perencanaan karirnya. Besarnya sumbangan self-efficacy dan self-regulation sebesar 45,4% dengan Adjusted R 2 0,454. Bagi mahasiswa diharapkan untuk lebih meningkatkan self-efficacy dan selfregulation agar mampu merencanakan karir dengan baik
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Efficacy, Self-Regulation, Perencanaan Karir |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 02:14 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 02:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21913 |
Actions (login required)
View Item |