PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SE-DAERAH BINAAN II KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN
Siti Ma‟sumah, 1401411127 (2015) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SE-DAERAH BINAAN II KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Prestasi belajar merupakan tolak ukur kemampuan siswa setelah melakukan kegiatan belajar selama periode waktu tertentu. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu disiplin belajar. Perbedaan disiplin belajar pada masing-masing siswa memunculkan prestasi belajar yang berbeda-beda pula, seperti halnya disiplin dan prestasi belajar kelas IV Sekolah Dasar Negeri se-Daerah Binaan II Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat disiplin belajar siswa, (2) tingkat prestasi belajar siswa, (3) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa, dan (4) seberapa besar pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode survey deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri se-Daerah Binaan II Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen berjumlah 279 siswa. Sampel penelitian sebanyak 155 siswa yang ditentukan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Variabel penelitian meliputi disiplin belajar sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan linier sehingga teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat disiplin belajar siswa sebesar 75,55% dan termasuk dalam kategori kuat, (2) tingkat prestasi belajar siswa sebesar 78,38 dan termasuk dalam kategori baik, (3) Nilai sig. sebesar 0,000. Oleh karena 0,000 < 0,05, maka H 0 ditolak dan H diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa, (4) koefisien determinasi (R 2 a ) 0,567 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel bebas sebesar 56,7%. Hal ini menunjukkan bahwa 56,7% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh disiplin belajar, sedangkan 43,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Bertitik tolak pada hasil penelitian, maka semua pihak baik guru maupun orang tua hendaknya memperhatikan dan meningkatkan disiplin belajar siswa sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | imanda fachruddin unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 01:58 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 01:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21893 |
Actions (login required)
View Item |