PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPS MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SD N NGALIYAN 03 SEMARANG
Indra Wahyu Pratama, 1401511029 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPS MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SD N NGALIYAN 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
IPS bertujuan untuk menghasilkan warga negara yang religius, jujur, demokratis, kreatif, kritis, senang membaca, memiliki kemampuan belajar, rasa ingin tahu, peduli dengan lingkungan sosial dan fisik, berkontribusi terhadap pengembangan kehidupan sosial dan budaya, serta berkomunikasi secara produktif. Berdasarkan data hasil observasi, wawancara, dan catatan lapangan di SDN Ngali yan 03 Semarang, pada muatan I PS hasil belajar siswa masih rendah dan berbagai keterampilan guru belum optimal hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan media yang inovatif dan menarik perhatian siswa serta tidak menggunakan model pembelajaran y ang menyenangkan sehingga siswa menjadi tidak aktif dalam pembelajaran. Maka peneliti menetapkan alternatif pemecahan masalah berbasis pendekatan saintifik dengan model pembelajaran NHT dan media audiovisual pada pembelajaran tema Cita-citaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran I PS pada tema Cita-citaku pada siswa kelas IV SD Negeri Ngali yan 03 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Kelas IV SDN Ngali yan 03 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru siklus I skor 22, siklus II skor 25, dan siklus III skor 27. Aktivitas siswa siklus I skor 18,7, siklus II skor 21, dan siklus III skor 23,2. Kompetensi pengetahuan siklus I sebesar 73%, siklus II menjadi 71% dan siklus III menjadi 84%. Kompetensi keterampilan siklus I skor 8,1, siklus II skor 10,8, dan siklus III skor 14. Kompetensi sikap spiritual siklus I skor 9,3, siklus II skor 10,5, siklus III skor 13,3. Kompetensi sikap sosial siklus I skor 8,9, siklus II skor 10,4, dan siklus III skor 13,1. Simpulan penelitian adalah penerapan model Numbered Heads Together berbasis media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran I PS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran penelitian adalah guru harus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar dapat memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran di kelas sehingga sekolah dapat meningkatkan mutu pendidikan dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan model NHT dan media audiovisual
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pembelajaran I PS; model numbered heads together; media audiovisual |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 00:48 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 00:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21851 |
Actions (login required)
View Item |