NILAI RELIGIUS DALAM KUMPULAN CERPEN DERAI-DERAI KAMB OJA KARYA KOESMARWANTI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA BAGI SISWA SMP
Sudiharti, 2101907013 (2008) NILAI RELIGIUS DALAM KUMPULAN CERPEN DERAI-DERAI KAMB OJA KARYA KOESMARWANTI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA BAGI SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (NILAI RELIGIUS DALAM KUMPULAN CERPEN DERAI-DERAI KAMB OJA KARYA KOESMARWANTI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA BAGI SISWA SMP)
- Published Version
Download (374kB) | Preview |
Abstract
Melihat macam cerpen yang beraneka ragam, guru harus dapat memilih dan menentukan materi pengajaran cerpen yang akan disajikan kepada siswa. Pertimbangan materi tersebut meliputi segi bahasa psikologis, latar belakang, estetika, dan ideology paedagogis. Berdasarkan kenyataan tersebut beban guru semakin berat karena pertimbangan sastra yang terjadi di masyarakat sangatlah cepat. Oleh karena itu seorang guru dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan sastra disamping harus mampu menyelesaikan bahan pembelajaran dengan tuntutan kurikulum. Dalam hal ini penulis ingin menganalisis nilai-nilai religius kumpulan cerpen Derai-Derai Kamboja karya Koesmarwanti. Secara umum penulis ingin mengetahui unsur-unsur ekstrinsik dari suatu karya sastra khususnya nilai-nilai religius yang ada pada kumpulan cerpen Derai- Derai Kamboja karya Koesmarwanti dan alternatifnya sebagai bahan ajar apreasiasi sastra bagi siswa SMP. Adapun perumusan masalah yang penulis paparkan adalah sebagai berikut : 1) Berapa banyak nilai religius apa sajakah yang terdapat dalam kumpulan cerpen Derai-Deroi Kamboja karya Koesmarwanti, 2) Apakah kumpulan cerpen Derai-Derai Kambaja karya Koesmarwanti dapat dijadikan alternatif bahan ajar apresiasi sastra bagi siswa SMP ? Sejalan dengan perumusan masalah yang penulis utarakan tersebut di atas, maka tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah sebagai berikut : l) Untuk mengungkap nilai-nilai religius yang terdapat dalam kumpulan cerpen Derai- Derai Kamboja. 2) untuk mengetahui kemungkinan tidaknya Derai-Derai Kamboja sebagai alternatif dalam pangajaran apresiasi sastra bagi siswa SMP. Manfaat yang diharapkan dapat diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Memberi pengetahuan baik bagi guru maupun para siswa mengenai nilai-nilai religius yang terkandung dalam kumpulan cerpen Derai-Derai Kambaja karya Koesmarwanti sebagai alternatif dalam pengajaran apreasiasi sastra di SMP. 2) Lebih mengetahui unsur-unsur ekstrinsik (religius) yang terdapat dalam karya sastra khususnya dalam kumpulan cerpen Derai-Derai Kamboja karya Koesmarwnti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sebagai subjek penelitian adalah kumpulan cerpen Derai-Derai Kamboja karya Koesmarwanti. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dengan metode dokumentasi. Sedangkan analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa dalam kumpulan cerpen Derai-Derai Kamboja karya Koesmarwanti adalah lebih menekankan pada nilai-nilai kandungan Islami, dan tebih bersifat religi. Sifat keislaman pada
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai religius, bahan ajar, apresiasi sastra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PQ Romance literatures |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 06 May 2011 01:31 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2185 |
Actions (login required)
View Item |