PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEMA TEMPAT TINGGALKU MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IV SDN KEMBANGARUM 01


MIRA PUSPITA, 1401511027 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEMA TEMPAT TINGGALKU MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IV SDN KEMBANGARUM 01. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401511027-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Implementasi kurikulum 2013 di SD masih mengalami beberapa kendala yaitu guru belum optimal dalam menerapkan pendekatan saintifik yang meliputi mengajak siswa untuk mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan serta belum optimalnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Penilitian Tindakan Kelas. subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Kembangarum 01.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa. penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri aatas 1 pertemuan. Setiap siklusi terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 21,5 (baik), siklus II memperoleh skor 24,5 (sangat baik).Hasil belajar ranah pengetahuan pada siklus I sebesar 71,75%, siklus II menjadi 74,75% (3) Hasil belajar ranah sikap spiritual pada siklus I memperoleh skor 3 (sudah terbiasa), siklus II memperoleh skor 3 (sudah terbiasa).(4) Hasil belajar sikap sosial pada siklus I memperoleh skor 3 (sudah terbiasa), siklus II memperoleh skor 3 (sudah terbiasa). (5) Hasil belajar ranah keterampilan pada siklus I mendapat skor 2 (cukup mahir), siklus II memperoleh skor 3 (mahir). Simpulan penelitian ini yaitu penerapan pendekatan saintifik dengan media powerpoint dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman tema Tempat Tinggalku. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui pendektan saintifik dengan model Numbered Heads Together dan media Powerpoint dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman tema Tempat Tinggalku yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menggunakan pendekatan, model dan media yang bervariasi sesuai dengan materi antara lain dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan model Numbered Heads Together

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Pemahaman, Model Numbered Heads Together, Media Powerpoin
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 00:37
Last Modified: 13 Nov 2015 00:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21843

Actions (login required)

View Item View Item