PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TEMA AIR BUMI DAN MATAHARI MELALUI PBL DAN MEDIA KONGKRET DI SDN PETOMPON 01 SEMARANG
ILA ILYADI PUTRI, 1401511023 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TEMA AIR BUMI DAN MATAHARI MELALUI PBL DAN MEDIA KONGKRET DI SDN PETOMPON 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan data hasil obeservasi di SDN Petompon 01 Semarang bahwa pembelajaran tema Air, bumi dan matahari pada muatan Matematika pada aspek Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar belum optimal, hal ini karena guru kurang bisa merangsang siswa agar mau bertanya, sehingga siswa kurang aktif, cepat merasa bosan dan media yang digunakan guru kurang konkret karena guru jarang menggunakan benda yang ada disekitar ruang belajar, guru belum memulai pembelajaran matematika dengan pengenalan masalah atau mengajukan masalah riil atau nyata dan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru sehingga kesulitan mengerjakan soal pemecahan masalah. Hal ini menyebabkan hasil belajar Pada Tema Air, Bumi Dan Matahari pada muatan Matematika rendah, yang ditunjukkan dengan sebanyak 14 siswa dari 28 siswa (50%) mendapatkan nilai dibawah KKM (67). Maka peneliti mengadakan perbaikan dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan model Problem Based Learning dan media konkret. Adapun rumusan masalahnya adalah Bagaimanakah cara meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema Air, bumi dan matahari pada muatan matematika pada siswa kelas II SDN Petompon 01 semarang? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam tema Air, bumi dan matahari pada muatan Matematika pada siswa kelas II SDN 01 Petompon Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dengan satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Petompon 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes yang diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, aktivitas siswa dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus II aktivitas siswa menjadi kategori baik dan siklus III aktivitas siswa dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan klasikal 54%, pada siklus II ketuntasan klasikal 75% ketuntasan klasikal mencapai 85%. Simpulan dengan model Problem Based Learning dan media konkret dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Tema Air, Bumi dan Matahari pada muatan Matematika pada siswa kelas II SDN Petompon 01 Semarang. Dalam menerapakan model Problem Based Learning dan media konkret disarankan untuk memberikan media pembelajaran yang nyata yang dekat dengan lingkungan belajar siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan saintifik, media konkret, PBL |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 00:26 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 00:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21828 |
Actions (login required)
View Item |