PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PERAWATAN DAN PERBAIKAN KOMPONEN MESIN PERKAKAS ANTARA YANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS XII SMK HASANUDDIN SEMARANG


Hendra Apriliyanto, 5201404034 (2009) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PERAWATAN DAN PERBAIKAN KOMPONEN MESIN PERKAKAS ANTARA YANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS XII SMK HASANUDDIN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PERAWATAN DAN PERBAIKAN KOMPONEN MESIN PERKAKAS ANTARA YANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS XII SMK HASANUDDIN SEMARANG]
Preview
PDF (PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PERAWATAN DAN PERBAIKAN KOMPONEN MESIN PERKAKAS ANTARA YANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS XII SMK HASANUDDIN SEMARANG) - Published Version
Download (988kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar mata diklat perawatan dan perbaikan komponen mesin perkakas antara yang menggunakan alat peraga dan yang tidak menggunakan alat peraga pada siswa kelas XII SMK Hasanuddin Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar mata diklat perawatan dan perbaikan komponen mesin perkakas antara yang menggunakan alat peraga dan yang tidak menggunakan alat peraga pada siswa kelas XII SMK Hasanuddin Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII SMK Hasanuddin Semarang semester genap Tahun Ajaran 2008/2009 yang terdiri atas kelas XII MI dan XII MO, Sedangkan sampel dalam penelitian ini pada kelompok kontrol sebanyak satu kelas, dari pengundian didapatkan kelas XII MI, dan pada kelompok eksperimen sebanyak satu kelas, dari pengundian didapatkan kelas XII MO. Dalam penelitian ini variabel bebas adalah pembelajaran tanpa alat peraga dan pembelajaran dengan alat peraga. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan uji t test dengan rumus dan bantuan komputer. Hasil analisis data didapatkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mata diklat perawatan dan perbaikan komponen mesin perkakasantara yang menggunakan alat peraga dan yang tidak menggunakan alat peraga pada siswa SMK Hasanuddin Semarang. Hal ini ditunjukkan dari besarnya thitung = 8,763 sedangkan ttabel = 2,05. Pembelajaran dengan menggunakan alat peraga lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan alat peraga. Untuk itu bagi para guru agar menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga sebagai alternatif untuk mengajarkan mata diklat perawatan dan perbaikan komponen mesin perkakas, sebab dari hasil penelitian menunjukkan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, alat peraga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 May 2011 00:50
Last Modified: 25 Apr 2015 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2182

Actions (login required)

View Item View Item