AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM METODE PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP 2 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN


Bregas Widya Pratama, 3201411153 (2015) AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM METODE PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP 2 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3201411153-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar siswa sangat diperlukan untuk kelangsungan proses belajar mengajar. Mata pelajaran IPS tidak hanya mengandung nilai edukasi yang bersifat mencerdaskan siswa, tetapi menjadikan siswa lebih kritis terhadap lingkungan sekitarnya. Metode problem solving menjadi alternatif pembelajaran pada mata pelajaran IPS, karena selama ini pembelajaran IPS masih bersifat ceramah dan hafalan. Metode problem solving dipilih karena merupakan salah satu metode yang melibatkan siswa untuk berfikir kritis dalam pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, 1) sejauh mana tingkat aktivitas belajar siswa dalam metode problem solving pada mata pelajaran IPS di SMP 2 Kesesi Kabupaten Pekalongan?, 2) bagaimanakah pembelajaran metode problem solving yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran IPS di SMP 2 Kesesi Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui tingkat aktivitas belajar siswa dalam metode problem solving pada mata pelajaran IPS di SMP 2 Kesesi Kabupaten Pekalongan, 2) untuk mengetahui pembelajaran metode problem solving yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran IPS di SMP 2 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP 2 Kesesi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII. Variabel dalam penelitian ini adalah aktivitas menyadari masalah, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, menyususn dan mempresentasikan laporan . Teknik pengambilan sampel ini berdasarkan proportional random sampling. Data aktivitas belajar diperoleh langsung dari responden yaitu siswa. Metode pengumpulan data adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) aktivitas belajar siswa dalam metode problem solving tergolong kriteria aktif, ditunjukkan dengan nilai rata-rata yang mencapai 65,08. Dikatakan aktif karena selama kegiatan problem solving berlangsung siswa menyadari masalah dengan sungguh-sungguh, mampu membuat rumusan masalahnya, kemudian dalam merumuskan hipotesis, mampu mengumpulkan data dengan baik. Kemudian mampu menguji hipotesis dengan tepat, mampu menulis laporan sesuai dengan sistematika penulisan, mampu menghidupkan suasana dalam memaparkan laporan dengan aktif dan baik. (2) aktivitas guru saat melaksanakan metode problem solving dapat dikatakan baik karena guru sudah melaksanakannya mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Simpulan dari penelitian ini adalah metode problem solving yang telah dilaksanakan menghasilkan keaktifan yang tinggi, namun diantara variabel problem solving, aktivitas pada tahap menyusun dan mempresentasikan laporan akhir masih memiliki kriteria cukup aktif, serta aktivitas guru saat melaksanakan metode problem solving juga dikatakan baik walaupun masih ada kriteria yang cukup baik yaitu saat menguji hipotesis dan menmpresentasikan laporan dan penggunaan media. Saran yang diajukan bagi siswa untuk meningkatkan aktivitas belajarnya yaitu diharapkan siswa banyak membaca buku, mencari masalah dari berbagai sumber, berlatih berbicara di depan kelas, berdiskusi dan bertanya jawab, sehingga pada saat melaksanakan presentasi siswa tidak malu-malu untuk menjawab dan bertanya. Bagi guru hendaknya meningkatkan kinerja dengan mulai menggunakan media pembelajaran yang lebih komunikatif seperti halnya power point ataupun mind mapping.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Problem Solving, IPS
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 23:57
Last Modified: 12 Nov 2015 23:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21796

Actions (login required)

View Item View Item