PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBASIS MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN GUNUNGPATI 01 KOTA SEMARANG
YOYOK EKO PRASETYONO, 1401411595 (2015) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBASIS MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN GUNUNGPATI 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
IPS adalah suatu penyederhanaan disiplin ilmu-ilmu sosial, ideologi negara dan disiplin ilmu lainnya serta masalah-masalah sosial terkait, yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan pada tingkat pendidikan dasar. Berdasarkan observasi awal di SDN Gunungpati 01 Kota Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas V. Pada saat pembelajaran siswa cenderung pasif. Siswa kurang memiliki semangat dalam mengikuti pembelajaran. Guru jarang menggunakan model pembelajaran yang variatif, media pembelajaran juga belum dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga hasil belajar IPS siswa rendah. Berdasarkan hasil diskusi dengan kolaborator untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dipilih model STAD berbasis media visual. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dengan penerapan model STAD berbasis media Visual pada siswa kelas V SDN Gungpati 01 Kota Semarang?. Tujuan utama penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dengan penerapan model STAD berbasis media Visual. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklus satu kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 18 siswa SDN Gunungpati 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes yang meliputi observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru siklus I diperoleh skor 29 kriteria baik, siklus II diperoleh skor 33 kriteria sangat baik, siklus III skor 37 kriteria sangat baik. Rata-rata skor aktivitas siswa siklus I 13,88 kriteria baik, siklus II 15,33 kriteria baik, siklus III skor 16,38 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan rata-rata hasil belajar klasikal siklus I sebesar 66,7%, ketuntasan klasikal siklus II sebesar 77,8%, dan ketuntasan klasikal siklus III sebesar 88,8%. Simpulan hasil penelitian yaitu penerapan model Student Teams Achievement Division dengan media visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Gunungpati 01 Kota Semarang. Saran yang diberikan adalah guru hendaknya menggunakan model dan media yang bervariatif da inovatif yang disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, agar pembelajaran lebih bermakna dan kualitas pembelajaran meningkat
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPS; Kualitas; Visual; Student Teams Achievement Division; Pembelajaran |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 00:01 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 00:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21788 |
Actions (login required)
View Item |