MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING MEMBUAT BLUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK TARUNATAMA


Hanny Erlani, 5401408012 (2015) MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING MEMBUAT BLUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK TARUNATAMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5401409071-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar sesuatu yang dapat dicapai oleh siswa berupa perubahan tingkah laku seperti, pengetahuan, sikap, keterampilan untuk membentuk kecakapan, penguasaan, setelah siswa menyelesaikan suatu pembelajaran. Mata pelajaran membuat blus salah satu pelajaran produktif yang disajikan secara teoritis dan praktik dengan penilaian kelas sistem ketuntasan belajar berdasarkan kriteria ketuntasan minimal. Metode klasikal konvensional masih dilaksanakan di SMK Tarunatama, walaupun sudah dimodifikasi dengan metode demonstrasi namun hasil belajar masih dibawah kriteria ketuntasan minimal, maka penelitian ini menerapkan model pembelajaran Project-Based Learning pada mapel pembuatan blus. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah model pembelajaran Project-Based Learning pada mata pelajaran membuat blus dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMK tarunatama tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Program Keahlian Busana Butik di SMK Tarunatama kabupaten Semarang yang yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling dengan alat pengumpul data yang digunakan adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji t hipotesis dan uji ratarata gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar pada siswa. Nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen, diperoleh nilai gain ternormalisasi kelas eksperimen sebesar 0.52. Nilai tersebut diinterpretasikan dalam kriteria nilai <g>, diperoleh peningkatan penerapan pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa tergolong sedang. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari pelaksanaan penelitian ini adalah Pembelajaran project based learning pada pembuatan blus mengalami peningkatan terhadap hasil belajar siswa SMK yang ditunjukkan dengan rata rata hasil belajar dari pree-test dan post-test. Saran dari penelitian ini juga dapat diterapkan pada mata pelajaran lain selain mata pelajaran pembuatan busana industri misalnya pada mata pelajaran pembuatan busana pria, pembuatan busana anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Membuat blus , Project-Based Learning
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 23:18
Last Modified: 12 Nov 2015 23:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21765

Actions (login required)

View Item View Item