PENGEMBANGAN LKS BERBASIS REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP


Tria Restu Intani , 4201410062 (2015) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201410062-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Ketersediaan bahan ajar sangat berpengaruh terhadap kelancaran proses pembelajaran. Pengembangan bahan ajar sering kali dilakukan sebagai inovasi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini membahas tentang bagaimanakah pengembangan LKS Fisika berbasis REACT, bagaimanakah kelayakan LKS Fisika berbasis REACT sebagai bahan ajar dalam pembelajaran IPA kelas VII SMP, dan bagaimanakah peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa yang menggunakan LKS Fisika berbasis REACT dengan siswa yang hanya menggunakan buku paket pada pembelajaran IPA Fisika kelas VII SMP. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengembangan LKS Fisika berbasis REACT sebagai bahan ajar pembelajaran IPA kelas VII SMP, menganalisis kelayakan LKS Fisika berbasis REACT sebagai bahan ajar dalam pembelajaran IPA kelas VII SMP, dan menganalisis peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa antara siswa yang menggunakan LKS Fisika berbasis REACT dengan siswa yang hanya menggunakan buku paket. Metode penelitian menggunakan metode penelitian pengembangan R&D. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan tes. Subyek penelitian sebanyak 96 siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan LKS Fisika berbasis REACT layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran IPA kelas VII SMP dilakukan dengan langkah-langkah yaitu studi pendahuluan, pengembangan dan pengujian produk, pengolahan dan analisis data, dan penarikan kesimpulan kelayakan produk LKS. (2) LKS Fisika berbasis REACT layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran IPA kelas VII SMP dengan persentase kelayakan dari pakar sebesar 93,67 % dan tingkat keterbacaan LKS sebesar 76 %. (3) Peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa setelah belajar menggunakan LKS Fisika berbasis REACT lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan buku paket IPA saja yaitu sebesar 0,48 kriteria sedang yang berarti LKS Fisika berbasis REACT hanya cocok digunakan oleh siswa dengan kemampuan kognitif yang baik. Berdasarkan simpulan tersebut disarankan: (1) Pelaksanaan kegiatan praktikum yang ada di LKS hendaknya menyesuaikan dengan ketersediaan alat di sekolah. (2) Hendaknya guru mengondisikan kelas agar tetap kondusif untuk melaksanakan kegiatan praktikum sesuai dengan alokasi waktu yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Memecahkan Masalah, LKS, REACT
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 23:05
Last Modified: 12 Nov 2015 23:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21760

Actions (login required)

View Item View Item