APLIKASI PENGENDALIAN KUALITAS STATISTIK PADA PERCETAKAN PT. MASSCOM GRAPHY SEMARANG MENGGUNAKAN DIAGRAM KONTROL PROPORSI (p)


Dita Octaviana , 4112312031 (2015) APLIKASI PENGENDALIAN KUALITAS STATISTIK PADA PERCETAKAN PT. MASSCOM GRAPHY SEMARANG MENGGUNAKAN DIAGRAM KONTROL PROPORSI (p). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4112312031-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam menghadapi persaingan dunia industri yang semakin kompetitif, perusahaan dituntut untuk menghasilkan sebuah produk yang berkualitas baik bagi konsumen. Oleh karena itu, penerapan sistem pengendalian kualitas di sebuah perusahaan sangat diperlukan, karena pengendalian kualitas merupakan alat penting bagi manajemen untuk mempertahankan kualitas dari barang yang dihasilkan, agar sesuai dengan spesifikasi produk yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pengendalian kualitas pada proses produksi di PT. Masscom Graphy Semarang, untuk menganalisis proses produksi di PT. Masscom Graphy Semarang dengan menggunakan diagram kontrol proporsi ( ) terkendali secara statistik atau tidak, dan untuk mengimplementasikan aplikasi program Hypertext Preprocessor (PHP) pada pengendalian kualitas statistik di PT. Masscom Graphy Semarang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil produksi koran Suara Merdeka pada bulan Januari-Februari 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah identifikasi masalah, perumusan masalah, pengumpulan data, dan metode analisis data. Untuk melakukan analisis data, dilakukan melaluui dua cara yaitu analisis statistic dan analisis komputasi. Hasil analisis menunjukan bahwa proses produksi koran Suara Merdeka di PT. Masscom Graphy dengan menggunakan diagaram kontrol proporsi ( ) untuk bulan Januari dan Februari 2015 masih terdapat titik-titik yang berada di luar Batas Pengendali Atas dan Batas Pengendali Bawah yang telah ditentukan. Hal ini dapat dibuktikan dengan bantuan aplikasi pengendalian kualitas statistik dengan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pengendalian kualitas pada proses produksi koran Suara Merdeka di PT. Masscom Graphy terdiri dari tiga tahapan yaitu pengendalian terhadap bahan baku, pengendalian terhadap proses produksi, dan pengendalian terhadap hasil produk. Untuk proses produksi di PT. Masscom Graphy menggunakan diagram kontrol proporsi ( ) belum terkendali secara statistik dan untuk hasil implementasi dari program aplikasi pengendalian kualitas statistik dengan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP) sangat bermanfaat dalam membantu mempermudah proses pengolahan dan analisis data dengan lebih cepat dan akurat. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, maka perusahaan perlu melakukan pengawasan yang lebih ketat lagi dalam proses produksi dan perlu mencari penyebab dari kerusakan yang terjadi, agar dapat dilakukan upaya perbaikan untuk meminimalkan kerusakan yang terjadi dalam proses produksi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian kualitas statistik, Percetakan, Diagram kontrol proporsi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 22:49
Last Modified: 12 Nov 2015 22:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21754

Actions (login required)

View Item View Item