SURVEI MANAJEMEN WAHANA FAMILY FUN PARK ATLANTIC DREAMLAND KOTA SALATIGA TAHUN 2014


AGUS SUPRIYADI, 6101410112 (2015) SURVEI MANAJEMEN WAHANA FAMILY FUN PARK ATLANTIC DREAMLAND KOTA SALATIGA TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101410112-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian adalah pentingnya manajemen pengelolaan wahana rekreasi dengan kinerja yang solid sebagai penentu keberhasilan suatu wahana rekreasi untuk mencapai tujuan yang direncanakan. Wahana Family Fun Park Atlantic Dreamland Salatiga merupakan salah satu wahana rekreasi kebanggaan kota Salatiga yang menawarkan berbagai wahana dengan fasilitas pendukung lengkap, menarik dan kondisinya terawat. Hal tersebut berdampak pada tingginya minat pengunjung untuk menikmati berbagai wahana yang ditawarkan. Mekanisme manajerial terorganisir dengan baik yang mengedepankan kepuasan pengunjung. Manajer senantiasa menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bersama staf bawahannya untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan. Berdasarkan latar belakang di atas maka fokus masalah dalam penelitian adalah bagaimana manajemen pengelolaan wahana Family Fun Park Atlantic Dreamland kota Salatiga tahun 2014?. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji manajemen pengelolaan wahana rekreasi, mekanisme manajerial, fasilitas yang ditawarkan serta kepuasan pengunjung di wahana Family Fun Park Atlantic Dreamland kota Salatiga tahun 2014. Pendekatan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sasaran penelitian adalah manajemen pengelolaan wahana Family Fun Park Atlantic Dreamland kota Salatiga tahun 2014. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, penelusuran dokumen, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian : 1) Manajemen pengelolaan wahana Family Fun Park Atlantic Dreamland kota Salatiga terorganisir dengan baik dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. 2) Mekanisme manajerial berjalan efektif di bawah komando general manager untuk mengarahkan manajemen pengelolaan wahana rekreasi mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 3) Keseluruhan fasilitas yang ditawarkan dalam kondisi baik dan terawat. 4) Kepuasan pengunjung tinggi terhadap pelayanan yang diberikan oleh manajemen pengelola wahana rekreasi. Simpulan penelitian adalah 1) Manajemen pengelolaan wahana rekreasi berjalan secara efektif dan efisien dengan menerapkan empat pilar manajemen yaitu perencanan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. 2) Mekanisme manajerial berjalan efektif dan efisien di bawah komando general manager yang mampu mengarahkan manajemen mencapai tujuan yang ditetapkan. 3) Fasilitas yang ditawarkan dalam kondisi baik, terawat dan aman sesuai standar operasional sehingga nyaman digunakan pengunjung. 4) Kepuasan pengunjung tinggi terhadap pelayanan yang diberikan pihak manajemen pengelolaan Atlantic Dreamland kota Salatiga. Saran yang diajukan peneliti adalah 1) Manajemen pengelola hendaknya diinovasi demi perkembangan wahana rekreasi, meningkatkan standarisasi operasional dan mengedepankan pelayanan prima terhadap pengunjung. 2) General manager hendaknya lebih meningkatkan koordinasi, kerjasama, motivasi dan pengarahan langsung kepada divisi dan staff bawahannya dalam menjalankan kebijakan-kebijakan demi tercapainya tujuan manajemen pengelolaan wahana rekreasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Wahana Family Fun Park, Atlantic Dreamland
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 22:13
Last Modified: 12 Nov 2015 22:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21744

Actions (login required)

View Item View Item