PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN P AND C DALAM PENJASORKES PADA SISWA SLB D YPAC SEMARANG TAHUN 2015


Bagus Achmad Dwijayanto, 6101411012 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN P AND C DALAM PENJASORKES PADA SISWA SLB D YPAC SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411012-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah siswa SLB D dalam pembelajaran penjasorkes materi bolabasket kurang antusias serta tidak menyenangkan dan membosankan saat pembelajaran di YPAC Semarang. Untuk lebih aktif dan merasa menyenangkan dalam belajar khususnya pada pembelajaran permainan bola besar maka perlu modifikasi dan inovasi dalam pembelajaran materi bola besar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk pengembangan model pembelajaran P and C dalam penjasorkes pada siswa SLB D YPAC Semarang tahun 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran dalam penjasorkes pada siswa SLB D YPAC Semarang Tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk yaitu (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi ahli menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran penjasorkes sekolah menengah pertama luar biasa, (4) uji coba skala kecil (8 siswa), (5) revisi produk pertama, (6) uji coba skala besar (12 siswa), (7) revisi produk akhir, (8) hasil akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, kuesioner bagi siswa, serta menggunakan hasil pengamatan dilapangan dan hasil wawancara dengan guru penjasorkes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian uji coba skala kecil diperoleh presentase 83,67% (Baik), dari hasil evaluasi ahli diperoleh persentase 75%. Hasil penelitian uji coba skala besar yaitu 86,67% (Baik), hasil dari penilaian aspek kognitif, afektif dan psikomotor uji coba skala kecil dan dari uji coba skala besar memiliki peningkatan dengan selisih 3,00%. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka permainan P and C ini telah memenuhi kriteria baik. Disimpulkan bahwa bentuk pengembangan model pembelajaran P and C dalam penjasorkes pada siswa SLB D YPAC Semarang dapat digunakan untuk siswa SLB D YPAC Semarang Tahun 2015. Saran dari peneliti yaitu (1) bagi guru untuk dapat melaksanakan dan mempraktikkan permainan P and C pada saat proses pembelajaran bolabasket, (2) bagi siswa sebagai inovasi permainan bola basket agar tidak timbul rasa kebosanan dan kejenuhan, serta siswa lebih mengeksplor gerak saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bolabasket, P and C, Tunadaksa.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:55
Last Modified: 12 Nov 2015 21:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21729

Actions (login required)

View Item View Item