KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI METODE CIRC DENGAN MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS IVA SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG
MUHAMMAD ADDARUL ASHAR, 1401411586 (2015) KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI METODE CIRC DENGAN MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS IVA SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi terhadap kelas IVA SDN Purwoyoso 03 Semarang, hanya 27,5% siswa mendapat nilai di atas KKM dan 72,5% siswa lainnya mendapatkan nilai di bawah KKM pada keterampilan membaca intensif. Hal ini disebabkan karena kurangnya keterampilan guru dalam mengajar, perilaku siswa dalam belajar, serta kurangnya variasi model dan media pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan CIRC dengan media Big Book pada pembelajaran keterampilan membaca intensif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan keterampilan guru, perubahan perilaku siswa, dan peningkatan keterampilan membaca intensif pada siswa kelas IVA SDN Purwoyoso 03 setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan metode CIRC dengan media Big Book?. Tujuan penelitian adalah (1) meningkatkan keterampilan guru kelas IVA SDN Purwoyoso 03 melaui metode CIRC dengan media Big Book; (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas IVA SDN Purwoyoso 03 melalui metode CIRC dengan media Big Book; (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca intensif siswa kelas IVA SDN Purwoyoso 03 melalui metode CIRC dengan media Big Book . Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas proses perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDN Purwoyoso 03 Semarang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan guru, perilaku siswa, dan keterampilan membaca siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data terdiri atas data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil pengamatan keterampilan guru menggunakan metode CIRC dengan media Big Book siklus I memperoleh skor 30 (cukup), siklus II memperoleh skor 42 (baik), dan siklus III memperoleh skor 50 (sangat baik). Hasil perubahan perilaku siswa siklus I memperoleh rata-rata skor 21, siklus II memperoleh skor rata-rata 28, dan siklus III memperoleh rata-rata skor 33. Hasil ketuntasan keterampilan membaca intensif siswa siklus I mencapai 52,50% dengan nilai ratarata 68,52. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 70% dengan rata-rata nilai 73,90. Sedangkan pada siklus III ketuntasan klasikal mencapai 87,50% dengan nilai rata-rata 80,45. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode CIRC dengan media Big Book dapat meningkatkan keterampilan guru, perubahan perilaku siswa, dan keterampilan membaca intensif siswa. Saran bagi guru adalah supaya lebih meningkatkan kualitas pembelajaran membaca intensif dengan menerapkan metode dan media yang inovatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | membaca intensif, CIRC, Big Book |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 21:56 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 21:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21728 |
Actions (login required)
View Item |