PERANCANGAN BUKU BANTAL SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK ANAK DI PAUD DEWANTARA PRATAMA BOYOLALI


Dian Marhena, 2411410031 (2015) PERANCANGAN BUKU BANTAL SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK ANAK DI PAUD DEWANTARA PRATAMA BOYOLALI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2411410031-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Desain komunikasi visual tidak hanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan komersial namun juga membantu menyelesaikan persoalan sosial dan budaya di masyarakat. Salah satu permasalahan yang tengah dialami bangsa ini adalah keberadaan permainan tradisional yang semakin terlupakan.Permainan tradisional tidak hanya bermanfaat sebagai hiburan, namun juga memberikan dampak positif terhadap perkembangan motorik anak melalui gerakan- gerakantubuh dalam permainan, selain itu juga mengasah kreativitas serta membangun rasa sosial anak, sehingga diperlukan media yang dapat memperkenalkan kembali permainan tradisional kepada anak-anak. Mengenalkan anak pada permainan tradisional dapat dilakukan menggunakan media buku bantal. Buku bantal adalah buku berbahan kain dan berbentuk menyerupai bantal, buku ini berisi teks dan gambar yang menjelaskan cara-cara bermain permainan tradisional, sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman dalam bermain permainan tradisional tersebut. Buku bantal dipilih karena memiliki kelebihan yaitu bentuk fisiknya empuk, lembut, tidak mudah sobek, dan dapat dicuci. Tujuan yang ingin dicapai pada pembuatan karya ini adalah mewujudkan kreativitas di bidang desain komunikasi visual dalam bentuk buku bantal sebagai media pengenalan permainan tradisonal untuk anak usia dini. Oleh karena itu karya ini diberi judul “Buku Bantal Ayo Main Permainan Tradisional”. Proses penyusunan “BukuBantal Ayo Main Permainan Tradisional” diawali dengan membuat desain dan layout menggunakan program Adobe Photoshop CS dan Corel Draw. Selanjutnya desain dicetak pada kain jenis BSY (bi shrinkage yarn) menggunakan mesin digital printing untuk tekstil. Kemudian, hasil printing dipotong sesuai pola dan dijahit sedemikian rupa sehingga berbentuk buku bantal. Buku bantal ini menggunakan sistem pewarnaan digital printing sehingga warnanya tidak akan mengelupas dan tidak membahayakan anak. “Buku Bantal Ayo Main Permainan Tradisional” diperuntukan bagi anak usia mulai dari 2 tahun. Namun, tetap diperlukan bantuan dari orang dewasa untuk membacakan teks didalamnya. Buku Bantal Ayo Main Permainan Tradisional terdiri atas 5 seri, yaitu; (1) Ayo Main Cublak-Cublak Suweng, (2) Ayo Main Dhelikan, (3) Ayo Main Engklek, (4) Ayo Main Gotri, dan (5) Ayo Main Jamuran. Buku Bantal Ayo Main Permainan Tradisional telah diujikan di PAUD Dewantara Pratama Boyolali dan dianggap layak digunakan sebagai panduan bermain untuk anak usia dini. Buku Bantal Ayo Main Permainan Tradisional dapat digunakan sebagai media untuk membantu memperkenalkan kembali permainan tradisional yang sempat dilupakan di jaman modern.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: DesainKomunikasi Visual, permainan tradisional, buku bantal, anak usia dini
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:46
Last Modified: 12 Nov 2015 21:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21722

Actions (login required)

View Item View Item