SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB UJIAN MASUK BERSAMA SEKOLAH MENENGAH ATAS KABUPATEN KUDUS DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL


Ayub Hanan Yanottama , 4112312028 (2015) SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB UJIAN MASUK BERSAMA SEKOLAH MENENGAH ATAS KABUPATEN KUDUS DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4112312028-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Ujian masuk bersama umumnya diterapkan pada perguruan tinggi (UMBPTN) pada suatu daerah tertentu, atau pada tingkat nasional (khusus Perguruan Tinggi Negeri) disebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Hal tersebut juga dapat diterapkan di tingkat pendidikan SMA. Pada saat ini, sistem seleksi yang digunakan di Kabupaten Kudus adalah menggunakan sistem PPDB online. Sistem PPDB online ini merupakan sistem yang dibangun oleh pihak kementrian pendidikan pusat. Namun, dalam sistem PPDB online yang sekarang digunakan hanya memperhitungkan nilai ujian nasional peserta. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah (1) Memperoleh suatu Sistem Informasi Berbasis Web Ujian Masuk Bersama Sekolah Menengah Atas Kabupaten Kudus yang dapat memudahkan proses seleksi masuk SMA Kabupaten Kudus, tentunya yang memiliki spesifikasi lebih dari sistem PPDB online yang sudah ada, (2) Mengetahui implementasi Sistem Informasi Berbasis Web Ujian Masuk Bersama Sekolah Menengah Atas Kabupaten Kudus dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Metode yang digunakan untuk membangun sistem ini adalah perancangan proses, desain program, validasi program, revisi program dan implementasi program. Kesimpulan dari hasil pembangunan sistem informasi ini adalah Sistem Informasi Berbasis Web Ujian Masuk Bersama SMA Kabupaten Kudus dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL, terbentuknya 15 tabel di database yang saling berkaitan satu sama lain. Penambahan spesifikasi dari PPDB online adalah adanya ujian tertulis, ujian psikologi dan ujian wawancara yang semuanya diatur dalam sistem ini. Peneliti menyarankan agar sistem ini dapat dikembangkan dengan menambahkan fitur barcode agar dapat lebih mudah dalam pelaksanaan rangkaian seleksi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi, bahasa pemrograman, database, ujian masuk bersama
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 19:11
Last Modified: 12 Nov 2015 19:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21695

Actions (login required)

View Item View Item