PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PENGELASAN KELAS X TKR DI SMK NEGERI 1 SEDAN REMBANG TAHUN AJARAN 2013/2014
Prastian Dwija Permana, 5201408107 (2015) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PENGELASAN KELAS X TKR DI SMK NEGERI 1 SEDAN REMBANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Fenomena pergantian Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi kurikulum 2013 menuntut sekolah segera menyesuaikan diri. Penelitian ini membandingkan penerapan kurikulum 2013 dengan model pembelajaran konvensional untuk melihat perbedaan pengaruh pada kelompok siswa terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan kurikulum 2013 dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen dengan rancangan Purposif Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas X TKR (Teknik Kendaraan Ringan) SMK N 1 Sedan Rembang, sedangkan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X TKR 1 sebanyak 31 siswa yang diberikan pembelajaran kurikulum 2013 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKR 4 sebanyak 31 siswa yang diberikan pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis uji prasyarat, kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 77,87 sedangkan pada kelas kontrol adalah 70,16 sehingga perbedaan rata-rata kedua kelas adalah 7,70. Berdasarkan uji t (independent samples test) diperoleh nilai t hitung pada data post-test kelas eksperimen dan kelas control dengan uji t diperoleh nilai thitung=3,21 >ttabel= 2,00 dengan dk = 60. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan signifikan pada kedua kelas dan penerapan kurikulum 2013 lebih baik dari pada dengan model konvensional serta disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi pengelasan yang menggunakan kurikulum 2013 lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada kelas Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Sedan Rembang tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, materi pengelasan, kurikulum 2013 dan pembelajaran konvensional |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | risma nur unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 19:09 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 19:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21694 |
Actions (login required)
View Item |