PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR TUNE UP MESIN EFI TIPE 1TR-FE (KIJANG INNOVA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA


Bambang Wahyudi, 5201408118 (2015) PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR TUNE UP MESIN EFI TIPE 1TR-FE (KIJANG INNOVA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201408118-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui peningkatanhasil belajar siswa setelah menggunakan media video pembelajaran kompetensi dasar tuneupmesin EFI tipe 1TR-FE pada siswa kelas XI TKR SMK Gajah Mada Purwodadi. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Control Group Pretest-Posttest Design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa TKR SMK Gajah Mada Purwodadi,populasinya sebanyak 78 siswa.Sampel yang digunakan adalah 26 siswa kelas XI TKR I sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa kelas XI TKR III sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode tes, analisis data menggunakan uji t.Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelas kontrol rata-rata hasil belajar pada tes pre-test mencapai nilai 47,19 dan setelah diberikan perlakuan powerpoint mengalami peningkatan nilai menjadi 74,54 sehingga pada kelas kontrol peningkatan nilai rata-rata yang terjadi adalah 27,35.Hasil analisis data pada kelas eksperimen menunjukkan rata-rata hasil belajar pada tes pre-test mencapai nilai47,65 dan setelah diberikan media video pembelajaran mengalami peningkatan nilai menjadi 80,38sehingga pada kelas eksperimen peningkatan nilairata-ratayang terjadi adalah 32,73 lebih besar dari pada kelas kontrol yang hanya mencapai nilai27,35. Hasil perhitungan uji-t menghasilkan t hitung 3,358 sedangkan t tabel dengan dk=50.Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dan ada peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media video pembelajaran. The purpose of this study was to determine improvement of student learning outcomes after using video learningbasic competence of EFI engine tune-up type 1TR-FE in class XI TKRSMK Gajah Mada Purwodadi. The method used in this study is experimental method with Control group pretest-posttest design. The population in this study is TKR student grade XI of SMK Gajah Mada Purwodadi as much as 78 students. The samples used were 26 students of XI TKR I as an experimental class and 26 students of XI TKR III as the control class. Collecting data using the test methods, data analysis using the t test.The result showed that in the control class the average results of learning on the pre-test reaches 47,19 and after being given treatment powerpoint increased to 74,54 so the control class average increase value that occurs 27,35. Results of data analysis in the experimental class showed an average result of learning at pre-test reaches a value47,65and after being given an instructional video media has increased the value to 80,83 so the experimental class average incrase value that occurs 32,73greater than the control class, which only reached 27,35. Results of t-test calculations produce 3,358 t while t table with dk = 50. It concluded that there are significant differences and no increase learning outcomes after using instructional video media.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media video pembelajaran, tune-up mesin EFI, meningkatkan hasil belajar Instructional video media, EFI engine tune-ups, improve learning outcomes.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 19:04
Last Modified: 12 Nov 2015 19:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21691

Actions (login required)

View Item View Item