PERAMALAN JUMLAH PENGUNJUNG OBJEK WISATA OWABONG DI KABUPATEN PURBALINGGA PADA TAHUN 2015 DENGAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING MENGGUNAKAN SOFTWARE MINITAB 16 DAN PROGRAM R


Yesi Sekar Ambarwati , 4112312008 (2015) PERAMALAN JUMLAH PENGUNJUNG OBJEK WISATA OWABONG DI KABUPATEN PURBALINGGA PADA TAHUN 2015 DENGAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING MENGGUNAKAN SOFTWARE MINITAB 16 DAN PROGRAM R. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4112312008-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

m R Metode peramalan Exponential Smoothing merupakan perkembangan dari metode Moving Averages sederhana. Metode ini digunakan untuk mengurangi ketidakteraturan musiman dari data masa lalu. Dalam penelitian ini Exponential Smoothing digunakan sebagai metode peramalan jumlah pengunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode Exponential Smoothing yang lebih cocok untuk peramalan jumlah pengunjung Owabong tahun 2015 dengan Minitab 16 dan program R. Sedangkan manfaat dari penelitian ini bagi pihak Owabong ialah sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan kebijakan ditahun berikutnya, sekaligus untuk mempertahankan kualitas layanannya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi yang dilakukan untuk mendapatkan data dengan melakukan penelitian secara langsung dan diperoleh data sekunder. Dengan metode literatur yaitu informasi yang diperoleh dari buku-buku, referensi dan karya ilmiah yang berhubungan dengan Peramalan serta Software Minitab 16 dan Program R. Dari data yang telah dianalisis, penulis dapat mengambil kesimpulan. Besarnya hasil peramalan jumlah pengunjung objek wisata Owabong di Kabupaten Purbalingga tahun 2015 dengan metode Single Exponential Smoothing dengan α=0,9 menggunakan software Minitab 16 menunjukan MAPE, MAD, dan MSD terkecil bila dibandingkan dengan metode Double dan Triple Exponential Smoothing yakni dengan nilai peramalan pengunjung sebanyak 798.639 orang, nilai MAPE sebesar 1,57121, MAD 1,30949 dan MSD 3,52543 serta hasil pada program R juga menunjukkan nilai yang sama. Hasil analisis yang diperoleh, maka metode yang lebih cocok untuk meramalkan jumlah pengunjung objek wisata Owabong di Kabupaten Purbalingga tahun 2015 ialah metode Single Exponential Smoothing dengan α=0,9 yang memiliki MAPE, MAD dan MSD lebih kecil dan memiliki error yang paling kecil sehingga paling mendekati nilai sesungguhnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peramalan, Pengunjung, Exponential Smoothing, Minitab 16 dan Program R
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 18:51
Last Modified: 12 Nov 2015 18:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21683

Actions (login required)

View Item View Item