PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN TENTANG SISTEM EFI (ELECTRONIC FUEL INJECTION) MENGGUNAKAN MEDIA ELEKTRONIK BERBASIS ANDROID PADA SISWA KELAS XII TKR SMK NEGERI 1 TENGARAN


Hongko Pulung Seto, 5201409116 (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN TENTANG SISTEM EFI (ELECTRONIC FUEL INJECTION) MENGGUNAKAN MEDIA ELEKTRONIK BERBASIS ANDROID PADA SISWA KELAS XII TKR SMK NEGERI 1 TENGARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201409116-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Banyak pengguna ponsel berbasis Android tidak terkecuali siswa. Dengan adanya buku dan media pembelajaran pada aplikasi Android, siswa dapat dengan mudah mengakses dan membaca dengan lebih menyenangkan dan menunjang proses belajar. Pada penelitian ini dilakukan pembuatan media pembelajaran pada ponsel pintar berbasis Android dengan materi (EFI) Electronic Fuel Injection. Media pembelajaran ditujukan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi EFI (Electronic Fuel Injection). Pengembangan model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Desain Pembelajaran ADDIE (Analysis-DesignDevelop-Implement-Evaluate). Objek penelitian yang digunakan adalah siswa SMK Negeri 1 Tengaran pada kelas TKR 1, TKR 2 dan TKR 3. Pada masing-masing kelas mempunyai peranan masing-masing yaitu sebagai kelas uji coba, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dibuktikan dari nilai rata-rata antara kelompok eksperimen adalah 7,97 dan kelompok kontrol adalah 7,06. Artinya, rata-rata skor kelas eksperimen yang diajar dengan media Android pada pembelajaran sistem EFI lebih baik daripada kelas kontrol. Peningkatan nilai rata-rata post test antara kelas eksperimen sebesar 31 dan kelompok kontrol sebesar 24,1. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh maka penerapan media elektronik berbasis Android dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi tentang sistem EFI (Electronic Fuel Injection). Hasil uji menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil penelitian yang dilakukan terjadi peningkatan nilai rata-rata pada kelas eksperimen setelah diberikan pembelajaran sistem EFI (Electronic Fuel Injection) menggunakan media elektronik berbasis Android.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Android, media pembelajaran, Electronic Fuel Injection
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 18:38
Last Modified: 12 Nov 2015 18:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21676

Actions (login required)

View Item View Item