ANALISIS HUBUNGAN LUAS LAHAN, JUMLAH POHON, DAN ELEVASI DENGAN HASIL PRODUKSI GETAH PINUS MENGGUNAKAN APLIKASI VISUAL BASIC 6.0


Pramusinto Gati Widodo , 4112311007 (2015) ANALISIS HUBUNGAN LUAS LAHAN, JUMLAH POHON, DAN ELEVASI DENGAN HASIL PRODUKSI GETAH PINUS MENGGUNAKAN APLIKASI VISUAL BASIC 6.0. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4112311007-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan program yang dapat digunakan untuk melakukan uji korelasi ganda. Selain itu juga melakukan simulasi program menggunakan data luas lahan, jumlah pohon, elevasi (ketinggian tanah), dan hasil produksi getah pinus untuk mengetahui hubungan dari masing-masing variabel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data luas lahan, jumlah pohon, elevasi, dan serta hasil produksi getah pinus pada petak-petak sadapan di perum perhutani KPH banyumas barat. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah petak-petak sadapan di wilayah perum perhutani KPH banyumas barat. Pembuatan program uji korelasi menggunakan aplikasi visual basic 6.0 dan database MySQL. Jenis uji yang dikembangkan dalam program adalah uji korelasi ganda, sedangkan data yang diteliti adalah data dengan tiga variabel independen dan satu variabel dependen. Program disimulasikan dengan menggunakan data luas lahan, jumlah pohon, dan ketinggian tanah (elevasi) sebagai variabel independen serta hasil produksi getah pinus KPH banyumas barat sebagai variabel dependen. Setelah dilakukan simulasi, hasil simulasi program akan dibandingkan dengan perhitungan manual serta menggunakan validator yaitu program SPSS. Selanjutnya akan ditarik kesimpulan dari analisis data yang dilakukan mengenai hubungan antara variabel dependen dengan variabel-variabel independen atau sebaliknya secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Hubungan, visual basic, Aplikasi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 18:41
Last Modified: 12 Nov 2015 18:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21673

Actions (login required)

View Item View Item