PENERAPAN ALAT PERAGA BERBASIS LED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PENGETAHUAN PEMERIKSAAN DAN TROUBLESHOOTING MOTOR STARTER TIPE PLANETARI
Oddie Febriyono, 5201410062 (2015) PENERAPAN ALAT PERAGA BERBASIS LED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PENGETAHUAN PEMERIKSAAN DAN TROUBLESHOOTING MOTOR STARTER TIPE PLANETARI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi pemeriksaan dan troubleshooting motor starter tipe planetari antara siswa yang pembelajarannya diterapkan alat peraga dengan siswa yang tidak diterapkan alat peraga.Penelitian ini menggunakan desain penelitian true experimental design dengan pendekatan pre-test post-test control group design, menggunakan tes sebagai alat pengumpulan data penelitian. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes, analisis data menggunakan uji deskriptif data dan uji tpihak kanan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata- rata hasil belajar kelompok kontrol mengalami peningkatan sebesar 6,35 dan kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 11,37. Dari hasil uji t juga didapatkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi pengetahuan pemeriksaan dan troubleshooting motor starter tipe planetari. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan media alat peraga sistem starter tipe planetari dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi pemeriksaan dan troubleshooting motor starter.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | alat peraga, motor starter tipe planetari, hasil belajar, pemeriksaan dan Troubleshooting motor starter. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | risma nur unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 18:03 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 18:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21659 |
Actions (login required)
View Item |