PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERPINDAHAN PANAS RADIASI DENGAN VARIASI BEDA PERLAKUAN PERMUKAAN SPESIMEN UJI


Kharis Burhani, 5201410063 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERPINDAHAN PANAS RADIASI DENGAN VARIASI BEDA PERLAKUAN PERMUKAAN SPESIMEN UJI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201410063-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran perpindahan panas radiasi dengan variasi beda perlakuan permukaan spesimen uji dan untuk mengetahui validitas media pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan desain penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Bahan penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran perpindahan panas radiasi yang berupa alat peraga dan modul. Responden dalam penelitian ini adalah ahli media pembelajaran, ahli materi perpindahan panas dan mahasiswa peserta mata kuliah perpindahan kalor dasar yang akan menilai kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket/kuesioner dan dokumentasi. Tahap analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik deskripsi persentase. Hasil pengujian rata-rata laju perpindahan panas radiasi oleh alat peraga dari spesimen alumunium dicat warna hitam doff (Al-Black) adalah 7,12 W, spesimen aluminium dicat warna putih (Al-White) sebesar 7,03 W, spesimen aluminium dengan permukaan kasar (Al-Roughing) sebesar 0,52 W, dan spesimen aluminium dengan permukaan dipoles (Al-Polishing) sebesar 0,29 W. Berdasarkan hasil validasi, didapatkan data bahwa persentase validitas media pembelajaran yang dikembangkan menurut ahli media adalah sebesar 94,64 % dengan kriteria sangat baik. Sedangkan menurut ahli materi perpindahan panas, validitas media pembelajaran yang dikembangkan adalah sebesar 81,54 % dengan kriteria sangat baik. Hasil uji coba penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan terhadap mahasiswa mendapatkan perolehan persentase sebesar 84,11 % dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran perpindahan panas radiasi yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid. Disarankan kepada pengajar mata kuliah perpindahan panas untuk memanfaatkan media pembelajaran yang dikembangkan pada pembelajaran mata kuliah perpindahan panas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, alat peraga radiasi, beda perlakuan permukaan spesimen uji
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 17:58
Last Modified: 12 Nov 2015 17:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21656

Actions (login required)

View Item View Item