PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA KELAS YANG MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL DENGAN KELAS YANG MENGGUNAKAN MEDIA KONVENSIONAL PADA METERI MENJELASKAN KOMPONEN/ELEMEN MESIN DAN PENGOPERASIAN MESIN BUBUT


Brian Selvi Feliciano Septianova, 5201410076 (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA KELAS YANG MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL DENGAN KELAS YANG MENGGUNAKAN MEDIA KONVENSIONAL PADA METERI MENJELASKAN KOMPONEN/ELEMEN MESIN DAN PENGOPERASIAN MESIN BUBUT. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201410076-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang di ajar menggunakan media audio-visual dengan media konvensional serta memberikan pengembangan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif komponen/elemen mesin dan pengoperasian mesin bubut untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan kelayakan uji media mencapai 71,875% yang diuji oleh perwakilan dari PT. Effhar Semarang yang berarti berkriteria “baik” dan uji materi 75% yang diuji oleh perwakilan pengajar mata pelajaran terkait SMK Bhinneka Patebon Kendal yang berarti berkriteria “baik”. Pembuatan media pembelajaran ini menggunakan perangkat lunak ulead audio-visual studio 11, perangkat keras laptop serta materi komponen/elemen mesin dan pengoperasian mesin bubut.Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Quasi-experimental.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes.Terdapat dua kelas dalam penelitian ini yaitu kelas ekperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan media konvensional dan audio-visual dan kelas kontrol hanya menggunakan media konvensional. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan serta peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 24,69 dengan nilai hasil belajar awal sebesar 54,22 meningkat menjadi 78,91 dan kelompok kontrol mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 21,87 dengan nilai hasil belajar sebesar 51,41 meningkat menjadi 73,28.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaranaudio-visual, komponen/elemen mesin, pengoperasian mesin bubut
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 17:41
Last Modified: 12 Nov 2015 17:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21645

Actions (login required)

View Item View Item