PENERAPAN ALAT PERAGA MOTOR STARTER TIPE REDUKSI BERBASIS LED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Septian Chandra Maulana, 5201410079 (2015) PENERAPAN ALAT PERAGA MOTOR STARTER TIPE REDUKSI BERBASIS LED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang diungkap dalam skripsi ini adalah tentang peningkatan hasil belajar siswa jika dalam pembelajaran menggunakan alat peraga motor starter tipe reduksi berbasis LED pada mata pelajaran kelistrikan otomotif kelas XII TKR SMK N 1 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pola pre-test post-test control group design. Pengolahan data menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui seberapa besar nilai rata-rata hasil belajar siwa, perhitungan uji-t untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen sebesar 78,33 dengan peningkatan sebesar 15,73 (25,12%), sedangkan rata-rata nilai belajar kelompok kontrol sebesar 70,10 dengan peningkatan sebesar 6,87 (10,86%). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan ceramah disertai dengan alat peraga lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran tanpa alat peraga tentang motor starter pada mata pelajaran kelistrikan otomotif SMK N 1 Semarang
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | alat peraga, motor starter, hasil belajar |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | risma nur unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 17:36 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 17:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21642 |
Actions (login required)
View Item |