PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA


Idayanti, 3201411010 (2015) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3201411010-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Lingkungan sekolah sangat penting bagi siswa, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar. Oleh karena itu, lingkungan sekolah sangat berpengaruh terhadap proses belajar siswa. Untuk tercapainya tujuan belajar di Sekolah maka, siswa harus memiliki motivasi yang tinggi. Terdapat dua motivasi yaitu intrinsik dan ekstrinsik kedua motivasi ini di pengaruhi oleh lingkungan sekolah. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul "Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa IPS Kelas VIII SMP Negeri 40 Semarang". Populasi dalam penelitian ini adalah siswa IPS kelas VIII SMP Negeri 40 Semarang yang jumlahnya 251 siswa. Pengambilan Sampel dilakukan dengan cara proposional random sampling yaitu dari 251 siswa di ambil sampel 72 siswa. Variabel bebasnya adalah lingkungan sekolah dan variabel terikatnya adalah motivasi belajar. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan deskriptif presentase dan analisis regresi. Hasil analisis deskriptif data mengenai pengaruh lingkungan sekolah dengan 72 siswa diperoleh hasil 14 siswa sangat tinggi (19,44%), 57 siswa tinggi (79,17%), dan 1 siswa rendag (1,39%). Kemudian motivasi belajar siswa dari 72 sampel, 7 siswa menyatakan sangat tinggi (9,72%), 61 siswa tinggi (84,72%), dan 4 siswa rendah (5,56%). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa uji kebermaknaan regresi pada taraf signifikansi 5% diperoleh Fhitung = 20,86, sedangkan Ftabel = 3,978. Karena Fhitung>Ftabel, yang artinya model regresi itu signifikan. Hasil uji kelinearan regresi pada taraf siknifikansi 5% dengan dk pembilang = 19 dan dk penyebut = 51 diperoleh Fhitung = 0,680, sedangkan Ftabel = 1,794. Karena Fhitung<Ftabel, dapat disimpulkan, bahwa hubungan antara kedua variabel bersifat linear. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) lingkungan sekolah di SMP Negeri 40 Semarang cukup kondusif dan efektif, dibuktikan dari jawaban angket lingkungan sekolah baik lingkungan fisik maupun non fisik, yakni 73,61% DAN 66,67% (2) Motivasi belajar siswa mendapat kriteria tinggi baik dari motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik yakni, 63,89% dan 76,39% (3) Terdapat pengaruh positif antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa IPS kelas VIII SMP Negeri 40 Semarang. Dari 72 sampel siswa SMP Negeri 40 Semarang untuk uji kebermaknaan regresi diperoleh Fhitung = 20,86 sedangkan Ftabel = 3,978 karena Fhitung > Ftabel yang berarti adanya pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar. Untuk uji kelinearan regresi diperoleh Fhitung = 0,680 sedangkan Ftabel = 1,794. Karena Fhitung < Ftabel yang berarti hubungan antara kedua variabel tersebut linear.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Persepsi, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 15:00
Last Modified: 12 Nov 2015 15:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21607

Actions (login required)

View Item View Item