PENGETAHUAN DAN KENDALA GURU GEOGRAFI DALAM PEMANFAATAN STEREOSKOP CERMIN DI KABUPATEN REMBANG TAHUN 2015
Habi Bullah, 3201411004 (2015) PENGETAHUAN DAN KENDALA GURU GEOGRAFI DALAM PEMANFAATAN STEREOSKOP CERMIN DI KABUPATEN REMBANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pengetahuan merupakan hasil “tahu” dan ini terjadi setelah orang mengadakan penginderaan terhadap objek terjadi melalui panca indra manusia yakni penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba dengan sendiri. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimanakah tingkat pengetahuan guru geografi tentang media stereoskop cermin di Kabupaten Rembang?, bagaimanakah kendala guru geografi tentang media stereoskop cermin di Kabupaten Rembang? . Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui tingkat pengetahuan guru geografi tentang media stereoskop cermin di Kabupaten Rembang, 2) Mengetahui kendala guru geografi tentang media stereoskop cermin di Kabupaten Rembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru geografi di Kabupaten Rembang. Sampel dalam penelitian ini adalah guru geografi SMA Negeri. Ada dua variabel dalam penelitian ini, yaitu: pengetahuan guru geografi tentang media stereoskop cermin dan kendala guru geografi tentang media stereoskop cermin. Teknik pengambilan sampel ini berdasarkan total sampling. Data yang digunakan adalah data primer yaitu data pengukuran lapangan dan data sekunder, data dari instansi yang terkait yaitu data jumlah anggota MGMP geografi di Kabupaten Rembang. Teknik pengumpulan data berdasarkan, observasi lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian pengetahuan guru geografi dalam pemanfaatan media stereoskop cermin di Kabupaten Rembang diperoleh hasil keseluruhan rata-rata tingkat pengetahuan guru geografi dalam pemanfaatan media stereoskop cermin diperoleh skor 29,1 dengan persentase 51,93% kriteria pengetahuan guru geografi cukup. Kendala guru geografi tentang media stereoskop cermin yaitu ketersediaan media yang tidak ada sama sekali. Pemanfaatan media stereoskop cermin oleh guru geografi di Kabupaten Rembang berada pada kriteria kurang baik, karena masih ada kendala dalam proses pembelajaran geografi. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran geografi serta pemanfaatan media stereoskop cermin pada proses pembelajaran geografi adalah jumlah media stereoskop cermin yang tidak ada sama sekali disetiap sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan, Kendala, Media, Stereoskop Cermin |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | erni setyaningsih unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 13:50 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 13:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21591 |
Actions (login required)
View Item |