PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS VB SDN GISIKDRONO 03 SEMARANG


FITRIYANA NUR AZIZAH, 1401411224 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS VB SDN GISIKDRONO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411224-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPA berhubungan dengan mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan. Berdasarkan hasil observasi terdapat beberapa permasalahan dalam pembelajaran IPA diantaranya dalampembelajaran yang guru lakukan belum belum menggunakan pembelajaran memecahan masalah, guru kurang memanfaatkan media sebagai alat penunjang pembelajaran. Siswa kurang dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian adalah apakah melalui model pembelajaran problem based learning berbantuan media visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA siswa kelas VB SDN Gisikdrono 03 Semarang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Gisikdrono 03 Semarang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN Gisikdrono 03 Semarang yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus,setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi serta catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui modelProblem based learning berbantuan media visual.Persentase keterampilan guru pada siklus I yaitu 60% kategori cukup, siklus II yaitu 73,33% kategori baik, dan siklus III yaitu 88,89% kategori sangat baik.Persentase aktivitas siswa pada siklus I yaitu 57,50% kategori cukup, siklus II yaitu 65,75% kategori baik, dan siklus III yaitu 78,75% kategori baik. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 60%, siklus II yaitu 79,41%, dan siklus III yaitu 91,18%. Simpulan dari penelitian adalah melalui model Problem Based Learning berbantuan media visual pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Gisikdrono03 Semarang. Berdasarkan simpulan, maka saran peneliti adalah dengan menggunakan model Problem based learning berbantuan media visual diharapkan dapat mempermudah guru dan siswa dalam pembelajaran IPA, dan diharapkan model Problem based learning berbantuan media visual dapat diterapkan pada kelas lain atau mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPA, media visual, model Problem Based Learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 13:17
Last Modified: 12 Nov 2015 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21578

Actions (login required)

View Item View Item