PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN KANDRI 01 KOTA SEMARANG


HUBAIBI KIROM MUJAHIDIN, 1401411041 (2015) PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN KANDRI 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411041-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengalaman langsung ketika melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di kelas IV SDN Kandri 01 Kota Semarang, peneliti menemukan adanya beberapa permasalahan pada pembelajaran IPS. Diantaranya guru belum dapat membangkitkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran dan belum maksimal memanfaatkan media dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada aktivitas siswa yang masih kurang dan hasil belajar yang rendah. Berdasarkan diskusi yang peneliti lakukan bersama guru mitra dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Kandri 01 pada hari Kamis 21 Agustus 2014, telah menetapkan model Mind Mapping yang dipadukan dengan media visual sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IV SDN Kandri 01 Kota Semarang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi serta catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru siklus I diperoleh skor 26 kriteria baik, siklus II diperoleh skor 29 kriteria sangat baik, siklus III skor 33 kriteria sangat baik. Rata-rata skor aktivitas siswa siklus I 16,17 kriteria cukup, siklus II 18,17 kriteria baik, siklus III 21,17 skor dengan kriteria baik. Sedangkan rata-rata hasil belajar klasikal siklus I sebesar 62,85%, ketuntasan klasikal siklus II sebesar 71,42%, dan ketuntasan klasikal siklus III sebesar 85,71%. Simpulan dari penelitian ini adalah yaitu penerapan model mind mapping dengan media visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN Kandri 01 Kota Semarang. Saran yang dapat diberikan adalah penelitian ini dapat dijadikan sebagai suatu pertimbangan bagi guru yang ingin menerapkan model mind mapping dengan media visual pada mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS; kualitas; Mind Mapping; pembelajaran; visual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 13:40
Last Modified: 12 Nov 2015 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21572

Actions (login required)

View Item View Item