KEEFEKTIFAN MODEL SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN MATERI UANG PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 02 MOJO KABUPATEN PEMALANG


Nurlita Kamila, 1401411008 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN MATERI UANG PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 02 MOJO KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411008-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

IPS merupakan ilmu pengetahuan yang diberikan di sekolah dasar dan membekali siswa dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan di masyarakat. Melalui pembelajaran IPS siswa dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, sikap dan kepekaan untuk menghadapi permasalahan di masyarakat. Oleh karena itu, guru harus melakukan inovasi pembelajaran yang menyenangkan, menarik, memotivasi, serta melibatkan siswa dalam pembelajaran. Salah satu model yang dapat memotivasi dan melibatkan siswa dalam pembelajaran, yaitu model Scramble. Model pembelajaran Scramble sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar yaitu senang bermain, bergerak, dan bekerja dalam kelompok. Model ini mendorong siswa untuk mengerjakan soal dengan jawaban yang acak, melatih kedisiplinan, dan membangkitkan kegembiraan siswa. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model pembelajaran Scramble dibandingkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 02 Mojo dengan populasi 53 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi, angket dan tes. Pengujian hipotesis pertama (uji perbedaan) menggunakan rumus independent samples t test melalui program SPSS versi 20. Hasil pengujian menunjukkan bahwa t hitung skor angket motivasi belajar sebesar 3,890 dan t hitung nilai hasil belajar sebesar 3,205. Berdasarkan hasil penghitungan, dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel (3,890 > 2,008 dan 3,205 > 2,008). Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III antara yang menerapkan model pembelajaran Scramble dan konvensional. Pengujian hipotesis kedua (uji keefektifan) menggunakan rumus one samples t test melalui program SPSS versi 20. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai t hitung skor angket motivasi belajar sebesar 5,054 dan t hitung nilai hasil belajar sebesar 4,504. berdasarkan hasil penghitungan, dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel (5,054 > 2,008 dan 4,504 > 2,008). Jadi, dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas III yang menerapkan model pembelajaran Scramble lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis ketiga (uji hubungan motivasi dan hasil belajar) menggunakan analisis korelasi product moment pearson. Berdasarkan hasil penghitungan menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (3,528 > 2,064). Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas III baik pada kelas yang menerapkan model Scramble maupun pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada guru untuk menerapkan model Scramble dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: materi Uang, model Scramble, pembelajaran,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 09:05
Last Modified: 12 Nov 2015 09:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21543

Actions (login required)

View Item View Item