Kesiapan Laboratorium Biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Pati Dalam Mendukung Pembelajaran
Yulianingsih , 4401401008 (2007) Kesiapan Laboratorium Biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Pati Dalam Mendukung Pembelajaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Kesiapan Laboratorium Biologi di SMA Negeri Se- Kabupaten Pati Dalam Mendukung Pembelajaran)
- Published Version
Download (871kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran biologi sesuai dengan Kurikulum 2004 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menuntut guru untuk mampu mengelola pembelajaran secara maksimal dalam mengembangkan kegiatan belajar mengajar (variasi metode mengajar). Guru tidak hanya mengembangkan kegiatan pembelajaran di dalam kelas tetapi dapat juga di luar kelas, misalnya melalui kegiatan praktikum atau eksperimen di laboratorium. Laboratorium sebagai salah satu sumber pembelajaran sangat diperlukan untuk memberikan pengalaman nyata kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah laboratorium biologi di SMA Negeri se-Kabupaten Pati mendukung pelaksanaan pembelajaran biologi. Satuan kajian pada penelitian ini adalah laboratorium biologi di tujuh SMA Negeri yang ada di kabupaten Pati. Fokus penelitian ini adalah kesiapan laboratorium biologi dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran (biologi) di SMA Negeri se-Kabupaten Pati dengan mengkaji empat indikator yang dianggap sebagai indikator kesiapan, yaitu: desain ruang laboratorium, administrasi laboratorium, pengelolaan penyelenggaraan praktikum dan kelengkapan alat dan bahan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Pemeriksaan keabsahan data hasil pengukuran dari berbagai metode digunakan teknik triangulasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pada umumnya laboratorium biologi di SMA Negeri se-Kabupaten Pati siap dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran biologi. Hal ini dapat dilihat dari desain ruang laboratorium, administrasi laboratorium, pengelolaan penyelenggaran praktikum dan kelengkapan alat dan bahan untuk praktikum dalam mendukung pembelajaran. SMA Negeri 1 Pati, SMA Negeri 3 Pati, SMA Negeri 1 Juwana, dan SMA Negeri 1 Jakenan lebih siap dibandingkan dengan SMA Negeri 2 Pati, SMA Negeri 1Tayu, dan SMA Negeri 1 Kayen. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah sekolah dengan kategori laboratorium biologi siap, dapat merujuk kepada sekolah yang telah memiliki laboratorium biologi lebih siap, agar pelaksanaan pembelajaran yang memanfaatkan laboratorium berjalan dengan maksimal. Sekolah-sekolah di Kabupaten Pati hendaknya berusaha untuk lebih memperhatikan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan berupa laboratorium biologi yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seperti SMA Negeri 1 Pati.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan, Laboratorium Biologi, Pembelajaran Biologi |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 05 May 2011 02:01 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2152 |
Actions (login required)
View Item |