EFEKTIVITAS PERMAINAN ICHITORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA
Risky Dika Apriana, 2302410026 (2015) EFEKTIVITAS PERMAINAN ICHITORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan akhir pengajaran bahasa Jepang adalah agar para pembelajar dapat mengkomunikasikan ide atau gagasannya dengan menggunakan bahasa Jepang baik dengan cara lisan ataupun tulisan, salah satu faktor penunjangnya adalah penguasaan kosakata yang memadai. Dalam pembelajaran kosakata guru dituntut lebih kreatif agar penyampaian kosakata dapat diterima siswa dengan mudah. Tidak hanya guru yang dituntut kreatif tetapi siswa juga dituntut untuk aktif dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran kosakata. Pemilihan media juga menentukan berhasilnya pembelajaran kosakata, salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah media permainan Ichitori. Media permainan Ichitori diharapkan siswa lebih mudah mengingat kosakata baru dengan dengan permain kosakata Ichitori. Penelitianinimerupakan penelitianeksperimenyaitumengujiefektivitas media permainanIchitoridalam meningkatkan kemapuan kosakata bahasa Jepang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random dengan sampel kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dan Kelas XI IPS 1 kelas eksperimen di SMA Negeri 1 Ungaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan metode domuntasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah menggunakan media permainan Ichitori sebagai media pembelajaran bahasa Jepang. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengambil data berupa daftar nama siswa dan dokumen berupa foto kegiatan saat penelitian ini berlangsung. Dari hasil analisis data dapat diketahuirata-rata kelas eksperimen adalah90,7 sedangkan untuk kelas kontroladalah 79,33dengan selisih11,34. Hal tersebut menunjukan bahawa hasil rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dari hasil ttest diketahui bahwa permainan Ichitori efektif digunakan untuk pembelajaran kosakata bahasa Jepang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ichitori, kosakata |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | nur fatihah unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 05:53 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 05:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21498 |
Actions (login required)
View Item |