EFEKTIVITAS PERMAINAN ICHITORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA


Risky Dika Apriana, 2302410026 (2015) EFEKTIVITAS PERMAINAN ICHITORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2302410026-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan akhir pengajaran bahasa Jepang adalah agar para pembelajar dapat mengkomunikasikan ide atau gagasannya dengan menggunakan bahasa Jepang baik dengan cara lisan ataupun tulisan, salah satu faktor penunjangnya adalah penguasaan kosakata yang memadai. Dalam pembelajaran kosakata guru dituntut lebih kreatif agar penyampaian kosakata dapat diterima siswa dengan mudah. Tidak hanya guru yang dituntut kreatif tetapi siswa juga dituntut untuk aktif dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran kosakata. Pemilihan media juga menentukan berhasilnya pembelajaran kosakata, salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah media permainan Ichitori. Media permainan Ichitori diharapkan siswa lebih mudah mengingat kosakata baru dengan dengan permain kosakata Ichitori. Penelitianinimerupakan penelitianeksperimenyaitumengujiefektivitas media permainanIchitoridalam meningkatkan kemapuan kosakata bahasa Jepang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random dengan sampel kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dan Kelas XI IPS 1 kelas eksperimen di SMA Negeri 1 Ungaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan metode domuntasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah menggunakan media permainan Ichitori sebagai media pembelajaran bahasa Jepang. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengambil data berupa daftar nama siswa dan dokumen berupa foto kegiatan saat penelitian ini berlangsung. Dari hasil analisis data dapat diketahuirata-rata kelas eksperimen adalah90,7 sedangkan untuk kelas kontroladalah 79,33dengan selisih11,34. Hal tersebut menunjukan bahawa hasil rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dari hasil ttest diketahui bahwa permainan Ichitori efektif digunakan untuk pembelajaran kosakata bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ichitori, kosakata
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 05:53
Last Modified: 12 Nov 2015 05:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21498

Actions (login required)

View Item View Item